Hadi Tjahjanto Pernah Dapat Gelar Kehormatan Sri Lilawangsa, Pimpin Upacara HUT RI Pakai Adat Aceh
Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto menggunakan pakaian adat Aceh saat memimpin upacara HUT ke-79 RI di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2024). 
09:56
17 Agustus 2024

Hadi Tjahjanto Pernah Dapat Gelar Kehormatan Sri Lilawangsa, Pimpin Upacara HUT RI Pakai Adat Aceh

- Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto menggunakan pakaian adat asal daerah Aceh saat memimpin upacara HUT ke-79 RI di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2024).

Baju adat model atasan jas hitam berbalut ukiran berwarna emas dan selendang merah, dengan tutup kepala dengan dominasi warna merah.

Hadi mengatakan alasan mengapa dirinya memilih pakaian adat Aceh karena dia pernah mendapatkan gelar Kehormatan Adat Aceh Sri Lilawangsa sewaktu menjadi Panglima TNI.

"Pakaian adat dari Aceh, kebetulan saya pada waktu panglima TNI mendapatkan kehormatan sebagai keluarga besar Aceh dengan gelar pahlawan Lilawangsa lah seperti itu, sehingga saya diberikan baju model seperti yang saya pakai, kelihatannya bagus ya," kata Hadi kepada wartawan, Sabtu.

Dia juga menganalogikan pakaian adat Aceh sebagai suatu kesejahteraan masyarakat dari Sabang sampai Merauke.

"Saya menggunakan pakaian adat Aceh dan ini adalah satu simbol bahwa kesejahteraan akan datang dari barat menuju ke timur," ucapnya.

"Kita lihat semua bahwa sumber daya alam kita sangat berlimpah InsyaAllah dengan kerja keras kita, kita akan bisa merealisasikan cita-cita kita," sambungnya.

Di sisi lain, Hadi juga menyampaikan pesan kemerdekaan di HUT ke-79 RI yakni terkait meneruskan kesejahteraan yang dibuat oleh para pendahulu.

"Ya kemerdekaan ini adalah satu perjuangan bangsa Indonesia dan ini adalah perjuangan kita semua, kita akan terus meneruskan pendahulu untuk bisa mensejahterakan Indonesia," tuturnya.

Singgung Pembangunan

Mantan Panglima TNI ini berharap dengan bertambahnya usia ini, pembangunan di Indonesia terus bisa maju.

"Selamat hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-79, Nusantara baru, Indonesia maju dengan harapan ke depan akan semakin sejahtera termasuk juga dalam proses pembangunan yang telah dilaksanakan oleh bapak Joko Widodo," ungkapnya.

Dia mengatakan nantinya program-program pemerintah yang sudah direncanakan akan dilanjutkan oleh Prabowo Subianto sebagai Presiden terpilih.

"Sesuai dengan apa yang disampaikan dalam sidang kemarin tanggal 16 bahwa presiden terpilih juga akan melanjutkan program-program yang sudah dilakukan oleh bapak Presiden Joko Widodo, dan akan dilaksanakan oleh bapak Prabowo," tuturnya.

Hadi juga berharap agar pertumbuhan ekonomi terus melesat dan Indonesia segera menjadi negara maju.

"Dan harapan kita semua Indonesia akan semakin sejahtera menuju ke Indonesia emas tahun 2045 dan lepas dari middle income trap menuju income higher country," ungkapnya.

Editor: Dewi Agustina

Tag:  #hadi #tjahjanto #pernah #dapat #gelar #kehormatan #lilawangsa #pimpin #upacara #pakai #adat #aceh

KOMENTAR