Ketua DPR: Kekuasaan Perlu Negarawan yang Politisi, Bukan Politisi Demi Kepentingan Pribadi dan Keluarga!
Ketua DPR RI Puan Maharani berpidato dalam sidang tahunan MPR RI bersama DPR dan DPR di Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024). [Bidik layar/Bagaskara]
12:48
16 Agustus 2024

Ketua DPR: Kekuasaan Perlu Negarawan yang Politisi, Bukan Politisi Demi Kepentingan Pribadi dan Keluarga!

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan bahwa dalam sistem pemerintahan presidensial dan praktik kekuasaan membutuhkan negarawan yang politisi, serta politisi yang negarawan. Dengan begitu, kekuasaan bisa dijalankan tanpa kepentingan tertentu. 

Menurut dia, seorang negarawan akan memikirkan masa depan negara yang lebih baik. Sedangkan politisi akan memikirkan masa depan hasil pemilu yang harus lebih baik. 

"Visi tanpa kekuasaan menjadi sia-sia; kekuasaan tanpa visi menjadi sewenang-wenang," kata Puan"Visi tanpa kekuasaan menjadi sia-sia; kekuasaan tanpa visi menjadi sewenang-wenang," kata Puan dalam pidato pada Sidang Bersama DPR dan DPD RI di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Maka dari itu, dalam menjalankan praktik kekuasaan dan pemerintahan presidensil butuh seorang negarawan yang seperti politisi dan politisi yang seperti negarawan.  

Baca Juga: Puan Kritik Pemilu 2024 di Sidang Tahunan: Apakah Rakyat Dapat Memilih Tanpa Rasa Takut?

Dengan begitu, kata Puan, kekuasaan negara akan dijalankan dengan baik. Sehingga kekuasaan tidak dipakai untuk kepentingan diri sendiri dan keluarga. 

"Sehingga kekuasaan negara dijalankan untuk kebaikan yang lebih besar; bukannya untuk membesarkan diri sendiri, kelompok, maupun kepentingan tertentu," pungkasnya.

Editor: Erick Tanjung

Tag:  #ketua #kekuasaan #perlu #negarawan #yang #politisi #bukan #politisi #demi #kepentingan #pribadi #keluarga

KOMENTAR