Kelakar Bamsoet di Sidang Tahunan ke Plt Ketum Golkar Agus Gumiwang: Pak Bahlil Ada Nggak?
Ketua MPR Bambang Soesatyo. [Tangkapan layar]
10:52
16 Agustus 2024

Kelakar Bamsoet di Sidang Tahunan ke Plt Ketum Golkar Agus Gumiwang: Pak Bahlil Ada Nggak?

Dinamika yang terjadi di Partai Golkar memang menyita perhatian banyak pihak, apalagi saat ini sosok calon ketua umum partai beringin itu masih belum dipastikan. Rupanya, hal itu menjadi bahan kelakar Ketua MPR RI yang juga Wakil Ketum Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) saat membuka Sidang Tahunan MPR RI, Jumat (16/8/2024).

Bamsoet awalnya menyapa satu persatu tamu yang hadir terutama presiden dan wakil presiden yang sedang menjabat dan yang baru terpilih. Kemudian juga disapa mantan-mantan wakil presiden yang hadir di dalam agenda tersebut.

Sampai akhirnya, Bamsoet menyapa setiap ketua umum partai politik yang hadir. Pertama, ia menyapa Plt Ketum Golkar Agus Gumiwang yang baru saja ditetapkan dalam rapat pleno partai tersebut usai Airlangga Hartarto menyatakan mundur.

"Para ketua umum partai politik Plt ketua umum partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita, boleh tepuk tangan," kata Bamsoet di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Baca Juga: Ketua MPR: IKN Bukan Hanya Simbol dan Peta, Tapi Warisan dan Cita-cita

Sampai akhirnya, Bamsoet berkelakar menanyakan keberadaan Bahlil Lahadalia kepada Agus. Maklum saja, Bahlil sebelumnya santer dikabarkan akan menjadi Ketua Umum Golkar selanjutnya.

"Pak Bahlil ada nggak?" celoteh Bamsoet.

Usai kelakar itu disampaikan dan mengundang gelak tawa, Bamsoet melanjutkan menyapa satu persatu pimpinan parpol yang hadir.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Bambang Soesatyo mengatakan bahwa bersama Agus Gumiwang dan Bahlil Lahadahlia akan duduk bersama menentukan siapa yang akan maju sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

Hal itu disampaikan Bamsoet menanggapi soal isu Bahlil akan menduduki kursi Ketum Partai Golkar menggantikan Airlangga Hartarto.

Baca Juga: Buka Sidang Tahunan, Bambang Soesatyo Singgung Soal Matra Angkatan Siber TNI

"Jadi kami belum bertemu lagi untuk berembuk siapa di antara kami bertiga yang akan menjadi ketua umum, kita akan bangun kesepakatan," kata Bamsoet di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/8/2024).

Ia mengatakan, sebelum itu dirinya, Agus Gumiwang dan Bahlil sepakat untuk maju sebagai calon ketum. Namun, menurutnya, itu akan didudukan bersama untuk menentukan siapa di antara tiga nama itu yang akan maju.

"Jauh sebelumnya kita sepakat akan maju bersama-sama. Nah, nanti kita akan bertemu lagi untuk memutuskan siapa di antara kami yang akan maju," tuturnya.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #kelakar #bamsoet #sidang #tahunan #ketum #golkar #agus #gumiwang #bahlil #nggak

KOMENTAR