Besok, 3.457 Aparat Gabungan Jaga Ketat Sidang Tahunan MPR RI, Termasuk Rute Jokowi dari Istana
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) dan Ketua DPR RI Puan Maharani (kiri) saat menghadiri Sidang Tahunan DPR MPR dan Pidato Kenegaraan di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023). [Suara.com/Alfian Winanto/Pool via Dokumentasi Parlemen]
07:08
16 Agustus 2024

Besok, 3.457 Aparat Gabungan Jaga Ketat Sidang Tahunan MPR RI, Termasuk Rute Jokowi dari Istana

Sebanyak 3.457 aparat gabungan bakal dikerahkan untuk menjaga ketat sidang tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Jumat (15/8/2024) besok. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi menjelaskan ribuan personel gabungan yang akan mengawal sidang tahunan MPR itu berasal dari TNI-Polri dan Pemda.  

"Total gabungan personel pengamanan yang disiapkan adalah 3.457 personel," ujarnya dikutip dari Antara, Kamis (15/8/2024).

Kemudian, terkait pola pengamanan, Ade Ary menyebutkan bakal dilakukan di sekitar Gedung DPR/MPR, Bundaran HI dan Patung Kuda.

Baca Juga: Ahmad Basarah Tegaskan MPR Periode Sekarang Tak Bisa Amandemen UUD 1945

"Serta pengamanan rute keberangkatan dan kembali Presiden dari Istana Negara hingga Gedung DPR/MPR guna menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas), " ucapnya.

Ade juga menambahkan pihaknya dalam menjalankan pengamanan akan mengedepankan kegiatan preventif dan penegakan hukum yang didukung intelijen guna mengantisipasi unjuk rasa, kemacetan lalu lintas serta ancaman teror.

Ribuan Tamu Undangan

Sebanyak 2.022 tamu undangan dijadwalkan menghadiri Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2024 pada Jumat (16/8) pukul 9.30 WIB, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

"Akan dihadiri kurang lebih 2022 undangan, yang terdiri dari 1.222 undangan di dalam Gedung Nusantara dan 800 tamu undangan yang ditempatkan di area Plaza Gedung Nusantara IV MPR/DPR/DPD RI," kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Baca Juga: Dilaporkan ke MKD karena Sebut Semua Fraksi Sepakati Amandemen UUD, Begini Respons Bamsoet

Suasana jalannya Sidang Tahunan DPR MPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023). [Suara.com/Alfian Winanto/Pool via Dokumentasi Parlemen]Suasana jalannya Sidang Tahunan DPR MPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023). [Suara.com/Alfian Winanto/Pool via Dokumentasi Parlemen]

Ia juga menjelaskan bahwa format Sidang Tahunan MPR RI yang digelar satu rangkaian bersama Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2024 sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dia merinci bahwa para tamu undangan tersebut terdiri dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, hingga Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Kemudian, mantan presiden dan mantan wakil presiden, mantan ketua MPR/DPR/DPD RI, pimpinan lembaga negara, seluruh anggota MPR RI, menteri Kabinet Indonesia Maju dan pejabat setingkat menteri.

Lalu, ketua lembaga pemerintah non-kementerian dan badan-badan, pimpinan Komisi Kajian Ketatanegaraan (K3) MPR RI, ketua organisasi masyarakat (ormas) keagamaan, dan perwakilan teladan dari seluruh Indonesia.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #besok #3457 #aparat #gabungan #jaga #ketat #sidang #tahunan #termasuk #rute #jokowi #dari #istana

KOMENTAR