Penghasilan Seniman Nyoman Nuarta yang Sempat Biayai Pembangunan Istana Garuda di IKN, Nilainya Capai Triliunan
I Nyoman Nuarta. (Dok: Instagram/nyoman_nuarta)
13:52
13 Agustus 2024

Penghasilan Seniman Nyoman Nuarta yang Sempat Biayai Pembangunan Istana Garuda di IKN, Nilainya Capai Triliunan

Seniman patung Nyoman Nuarta baru-baru ini mencuri perhatian setelah mengaku sempat turut membiayai pembangunan IKN selama 4 bulan awal. Kira-kira berapa penghasilan sang maestro patung itu?

Nama Nyoman Nuarta disorot gegara banyak yang memberi kritik perihal bentuk Istana Garuda di IKN yang disebut mirip kelelawar.

Menanggapi kritik tersebut, sosok yang membuat patung GWK di Bali tersebut menanggapinya dengan santai. Ia menyerahkan sepenuhnya interpretasi publik terhadap karyanya.

Meski begitu, ia menegaskan bahwa pembangunan Istana Garuda bukan asal-asalan. Bahkan ia sempat keluar uang untuk membiayai awal pembangunannya.

Baca Juga: Lagi di IKN Cerita Istana Jakarta dan Bogor Bau Kolonial, Jokowi Sampai Merasa Dibayang-bayangi

"Saya udah ngga mikir lho bahwa saya bakal dapat untung yang penting kerjaan selesai, aman sebagus mungkin. Kenapa selesai 11 bulan karena sebelum ada uang keluar saya pakai uang saya 4 bulan 5 bulan setelahnya baru keluar uangnya," terangnya seperti dikutip dari channel YouTube Liputan 6.

"Kalau ada kurang-kurang sedikit ngga apa-apa kan untuk negara. Mumpung masih ada kesempatan berilah sesuatu kepada negara," imbuhnya.

Berani membiayai pembangunan Istana Garuda nan megah di IKN tentu bukan perkara yang sepele. Ada uang yang tak sedikit tentunya yang dibutuhkan hingga patung garuda setinggi 77 meter itu berdiri menghiasi Istana presiden.

Lantas berapa sih penghasilan Nyoman Nuarta rata-rata dari karya-karya seninya?

Nyoman Nuarta saat ini tersohor sebagai salah satu maestro patung di Indonesia. Bahkan ada yang menyebut ia merupakan seniman patung nomor satu di Asia.

Baca Juga: Dibandingkan dengan The Hermansyah, Penghasilan YouTube Fuji Gak Ada Apa-apanya!

Karya-karyanya yang berbahan dasar metal telah tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Selain di IKN, karyanya juga ada di Tugu Proklamasi, Surabaya hingga Bandung.

Disamping berupa patung sosok Soekarno, karya Nyoman Nuarta juga ada yang berupa replika Borobudur hingga patung karapan Sapi.

Bill Mohdor salah seorang content creator yang dikenal dekat dengan Nyoman Nuarta sekaligus menampung sejumlah karyanya mengungkapkan harga karya sang maestro rerata di atas Rp1 miliar.

"Salah satunya karya ini berupa Legenda Borobudur. Ini seri ketiga dari tujuh seri yang dibuat. Satu karya ini harganya bisa mencapai Rp1 miliar bahkan lebih," ungkapnya saat menjelaskan kepada Raditya Dika seperti dikutip dari channel komika tersebut.

Di channelnya sendiri, Bill Mohdor juga mengungkap harga karya lainnya dari Nyoman Nuarta yakni bertajuk Road to Happiness yang harganya bisa mencapai Rp2 miliar lebih.

Mengutip dari channel Binton Sukses, kolektor kawakan sekaligus pemilik galeri 33 Auction Ali Kusno menaksir karya Nyoman Nuarta ada yang bisa mencapai Rp1 triliun.

Bila dikalkukasikan, penghasilan seniman patung Nyoman Nuarta bisa mencapai kisaran Rp1 miliar hingga Rp1 triliun. Tapi ini hanya hitung-hitungan kasar mengingat jumlah itu hanya dihitung dari harga karya-karyanya saja.

Biaya Pembangunan Istana Garuda IKN

Dikutip dari laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Istana Garuda dibangun di atas lahan seluas 55,7 hektare dengan luas tapak 334.2000 meter persegi.

Istana Garuda IKN dirancang sendiri oleh seniman patung Nyoman Nuarta.

Untuk pembangunannya, mengutip unggahan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani mencapai Rp1 triliun.

"Saya memeriksa papan penjelasan kemajuan proyek pembangunan gedung Istana Negara beserta lapangan upacara yang nilai anggarannya Rp1,34 triliun dengan kemajuan mencapai 27,5 persen. Keseluruhan pembangunannya telah mencapai 38 persen," tulisnya.

Editor: Galih Priatmojo

Tag:  #penghasilan #seniman #nyoman #nuarta #yang #sempat #biayai #pembangunan #istana #garuda #nilainya #capai #triliunan

KOMENTAR