Airlangga Hartanto Mundur Jadi Ketum, Tatu Optimis Tak Pengaruhi Peta Politik Banten
Ketua Golkar Banten, Ratu Tatu Chasanah memberi keterangan kepada awak media soal mundurnya Airlangga Hartanto dari jabatan ketum, Senin (12/8/2024). [Yandi Sofyan/Suara.com]
13:44
13 Agustus 2024

Airlangga Hartanto Mundur Jadi Ketum, Tatu Optimis Tak Pengaruhi Peta Politik Banten

Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah membantah pernyataan sejumlah pihak bila pengunduran diri Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar akan berpengaruh terhadap peta politik pilkada di Banten.

Ratu Tatu Chasanah memastikan kontestasi politik di Provinsi Banten tidak akan terpengaruh oleh keputusan Airlangga Hartarto mundur sebagai Ketua Umum Partai Golkar usai menjabat hampir dua periode.

"Rasanya enggak, teman-teman dikontak semuanya masih semangat, teman-teman masih turun menyapa masyarakat, menjual ide gagasan programnya ke depan dengan saling mensupport, saya dan teman-teman rasanya enggak terpengaruh," ungkap Ratu Tatu Chasanah ditemui di Pendopo Bupati Kabupaten Serang, Senin (12/8/2024).

Meski begitu, ia pun enggan memberikan kepastian soal kesiapan Airin Rachmi Diany maju di Pilgub Banten 2024 lantaran masih akan menunggu hasil Munaslub Partai Golkar menunjuk sosok pengganti Airlangga Hartarto.

Baca Juga: Pengamat Sebut Airlangga Mundur karena Mendukung Karir Politik Keluarga Jokowi, Nama Bobby Nasution Ikut Terseret

Untuk itu, Ratu Tatu mengungkapkan bila rencana deklarasi Airin-Ade Sumardi yang akan dijadwalkan digelar pada 14 Agustus 2024 ini terancam dibatalkan, terlebih sampai saat ini belum diberikannya SK rekomendasi DPP Partai Golkar terhadap Airin untuk maju di Pilgub Banten 2024.

Diketahui, sempat beredar luas informasi mengenai deklarasi Airin -Ade Sumardi sebagai Cagub dan Cawagub Banten 2024 bakal dilaksanakan pada 14 Agustus 2024 di Stadion Maulana Yusuf, Ciceri, Kota Serang.

"Nanti kita lihat (soal kepastian Airin maju Pilgub Banten), karena di Golkar ada mekanisme yang sudah baku, jadi setelah Pak Ketum lengser. Hari ini ada rapat pleno di DPP untuk menentukan plt, dan plt ini akan ditugaskan untuk munas, dan munas sendiri tentu akan dipercepat, karena nanti yang akan menandatangani SK pendaftaran ke KPU itu harus ketum tetap," terang Ratu Tatu.

"Deklarasi nanti gampang, yang penting ngawal dulu teman-teman dapat SK dari DPP, setelah itu siap semua, baru deklarasi," imbuhnya.

Sebelumnya, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto sempat memaparkan bila keputusan Airlangga Hartarto mundur dari Ketua Umum Partai Golkar akan berdampak terhadap Pilkada Serentak 2024, termasuk di Provinsi Banten.

Baca Juga: Ahmad Luthfi vs Andika Perkasa, Pertarungan Jenderal Panaskan Pilgub Jateng?

"Ada indikasi seperti itu, tetapi kalau di tingkat kabupaten kota itu relatif konfigurasinya menunjukkan representasi dari peta politik yang ada di daerah. Tetapi kalau terkait dengan pilgub memang ada beberapa skenario karena ada kepentingan kekuasaan itu," ungkap Hasto.

Kontributor : Yandi Sofyan

Editor: Hairul Alwan

Tag:  #airlangga #hartanto #mundur #jadi #ketum #tatu #optimis #pengaruhi #peta #politik #banten

KOMENTAR