Jaksa Ungkap Bukti Video Call Dengan Gazalba Saleh, Fify: Yang Nggak Berkerudung Jangan Dibuka
Kesaksian Fify Mulyani di persidangan ungkap soal panggilan sayang dari terdakwa Gazalba Saleh. (Suara.com/Dea)
19:08
8 Agustus 2024

Jaksa Ungkap Bukti Video Call Dengan Gazalba Saleh, Fify: Yang Nggak Berkerudung Jangan Dibuka

Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menunjukkan bukti bahwa Hakim Agung Nonaktif Gazalba Saleh melakukan video call dengan teman dekatnya, Fify Mulyani.

Hal tersebut ditunjukkan dalam sidang kasus dugaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) terkait penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA) dengan terdakwa Gazalba Saleh, Kamis (8/8/2024).

Namun, Fify yang hadir sebagai saksi dalam sidang ini meminta agar jaksa tidak memperlihatkan bukti video call dengan Gazalba ketika dirinya tidak berhijab.

“Yang saya tidak berkerudung, jangan dibuka,” kata Fify di ruang sidang Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Baca Juga: Mengaku Pinjam Uang Orangtua, Teman Dekat Gazalba Saleh Bantah Diberi Rumah

“Oh ada? Ibu nggak berhijab, tapi video call sama Pak Gazalba?” timpal jaksa.

“Kalau ada,” sahut Fify.

“Ada sih Bu, tapi kami nggak buka. Kami pilih yang berhijab,” tandas jaksa.

Sebelumnya, jaksa menyebut Gazalba melunasi cicilan rumah mewah teman dekatnya, Fify setelah menerima uang dari berbagai sumber.

Sosok Fify Mulyani, wanita teman dekat hakim nonaktif Gazalba Saleh saat dihadirkan sebagai saksi di persidangan, Kamis (8/8/2024). (Suara.com/Dea)Sosok Fify Mulyani, wanita teman dekat hakim nonaktif Gazalba Saleh saat dihadirkan sebagai saksi di persidangan, Kamis (8/8/2024). (Suara.com/Dea)

"Pada tahun 2019 bertempat di Sedayu City at Kelapa Gading Cluster Eropa Abbey Road 3 No. 039 Cakung, Jakarta Timur, terdakwa bersama-sama dengan Fify Mulyani yang merupakan teman dekat terdakwa membeli satu unit rumah dengan harga Rp 3.891.000.000 (Rp 3,8 miliar)," ucap jaksa dalam dakwaannya.

Baca Juga: Dikasih Pashmina Wanita Teman Dekatnya, Hakim Agung Gazalba: Kirim Lagi Barang yang Bisa Dicium-cium

Diketahui, Gazalba didakwa menerima gratifikasi secara bersama-sama senilai Rp 650 juta. Dia diduga menerima uang itu terkait perkara kasasi Nomor 3679 K/PID.SUS-LH/2022 di Mahkamah Agung.

Dia diduga menerima uang dari Jawahirul Fuad yang mengalami permasalahan hukum terkait pengelolaan limbah B3 tanpa izin dan diputus bersalah dengan vonis 1 tahun penjara.

Dalam dakwaan jaksa, Gazalba juga disebut menerima Rp 37 miliar saat menangani peninjauan kembali yang diajukan oleh Jaffar Abdul Gaffar pada 2020.

Selain itu, dia juga disebut mendapatkan penerimaan lain, yakni SGD 1.128.000, USD 181.100 dan Rp 9,4 miliar pada 2020 hingga 2022.

Tak hanya itu, Gazalba juga didakwa melakukan TPPU dengan membelanjakannya menjadi sejumlah aset seperti mobil Alphard, menukar ke valuta asing, membeli tanah/bangunan di Jakarta Selatan, membeli emas hingga melunasi KPR teman dekat. Total TPPU-nya sekitar Rp 24 miliar.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #jaksa #ungkap #bukti #video #call #dengan #gazalba #saleh #fify #yang #nggak #berkerudung #jangan #dibuka

KOMENTAR