Nama Andika Perkasa Menguat karena Mantan Panglima, PDIP 'Sedih' Belum Punya Teman di Pilkada Jateng
Politisi PDIP Andika Perkasa. [Dok. DPP PDIP]
19:20
24 Juli 2024

Nama Andika Perkasa Menguat karena Mantan Panglima, PDIP 'Sedih' Belum Punya Teman di Pilkada Jateng

Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPD Jawa Tengah PDIP, Bambang Wuryanto, mengatakan nama Andika Perkasa memang menguat untuk didorong maju di Pilgub Jawa Tengah 2024.

"Ada (3 nama sebenarnya), tapi yang kawan-kawan tak lihatin pada ngomongnya Pak Andika (yang menguat di Jateng)," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Pria yang akrab disapa Bambang Pacul ini mengatakan nama Andika Perkasa tak mendapatkan resistensi di tingkat pusat untuk Pilgub Jateng. Namun memang belum diputuskan oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Ya pastilah (diterima Megawati). Tapi bukan aku yang menyampaikan, aku gak tahu. Tapi putaran di sini (DPR) kan pada ngomong semua gitu," ungkapnya.

Baca Juga: PKB Sebut Belum Ada Elektabilitas Calon Yang Signifikan Di Pilgub Jateng: Kaesang Baru 7%, Luthfi 6%

Di sisi lain, Pacul mengatakan pihaknya mengajak partai-partai lain untuk bergabung. Terlebih untuk mengusung Andika yang dianggap lebih menarik.

"Kita akui pada peta ini PDI Perjuangan di Jawa Tengah belum punya teman. Kita berharap teman-teman partai yang lain lah bisa gabung. Kalau dengan Pak Andika itu relatif menarik. Kenapa? Karena Pak Andika kan orangnya ganteng, simpatik," ungkapnya.

"Ya aku kira selain karena ganteng ya karena ganteng simpatik dan Panglima toh, bintang empat lah," sambungnya.

Prioritaskan Kader Sendiri

Sebelumnya Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya akan memprioritaskan mengusung kader internal pada Pilkada 2024 di daerah-daerah yang menjadi basis suara PDIP, seperti salah satunya Jawa Tengah.

Baca Juga: Gerindra Umumkan 5 Jagoan di Pilgub 2024, Ini Daftar Lengkapnya!

Hal itu disampaikan Hasto menjawab pertanyaan wartawan seusai mengisi pengarahan Pilkada Serentak 2024 di Kawasan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/7/2024).

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. [Suara.com/Bagaskara]Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. [Suara.com/Bagaskara]

Kendati begitu, Hasto tak hanya menyebut spesifik Jateng, ia juga menyatakan jika PDIP akan memprioritaskan kader internal untuk Pilkada Bali dan sejumlah daerah lain yang menjadi basis PDIP.

“Ya PDIP Jateng, Bali, yang daerah-daerah basis, partai akan mendorong kader internal partai,” kata Hasto.

Menurutnya, mengusung kader internal dalam kontestasi Pilkada serentak merupakan bagian dari marwah partai dan kaderisasi yang otentik terjadi di tubuh PDIP.

Saat ditanya mengenai peluang mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa apakah bakal diusung di Pilkada Jateng, Hasto menyatakan bahwa elektabilitas Andika Perkasa cukup tinggi, meskipun belum bergerak di lapangan.

“Lho Pak Andika belum bergerak, elektoralnya udah masuk ke 5 besar di Jateng,” tuturnya.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #nama #andika #perkasa #menguat #karena #mantan #panglima #pdip #sedih #belum #punya #teman #pilkada #jateng

KOMENTAR