Kakek Ai Spesialis Maling Rumsong di Kalideres, Terakhir Bobol Rumah saat Pemilik ke Gereja
Kakek Ai, maling spesialis rumah kosong di kawasan Kalideres Jakarta Barat. (Antara)
13:32
24 Juli 2024

Kakek Ai Spesialis Maling Rumsong di Kalideres, Terakhir Bobol Rumah saat Pemilik ke Gereja

Bukannya bertobat di usia yang sudah menua, Ai alias IN (60) kini harus menghabiskan masa tuanya di penjara usai tertangkap polisi. Kakek Ai ditangkap usai membobol rumah di perumahan Citra Garden 1 Bukit Indah, Kalideres, Jakarta Barat ketika sang pemilik pergi ke gereja, Minggu (21/7/2024) lalu. 

Kapolsek Kalideres Kompol Abdul Jana menyebut jika Kakek Ai memang kerap berkeliaran mengincar rumah kosong (rumsong) saat ditinggal oleh pemiliknya. 

"Pelaku berinisial Ai alias IN sudah sering kali melakukan pencurian di rumah yang ditinggal pemiliknya," kata Abdul dikutip dari Antara, Rabu (24/7/2024).

Tak sendirian, Kakek Ai ternyata punya partner berinisial EN selama melancarkan aksinya. Kekinian, polisi masih memburu EN karena masih melarikan diri. 

Baca Juga: Kerap Foya-foya dari Hasil Kejahatan, 2 Pencuri Modus Pecah Kaca Akhirnya Didor Polisi usai 6 Kali Beraksi

Imbas perbuatannya itu, Kakek Ai kini menjadi penghuni penjara. Dia terancam hukuman di atas lima tahun penjara. 

"Ancaman hukumannya di atas lima tahun, pelaku dikenakan pasal 363 KUHP jo pasal 53 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan," ujar Kapolsek. 

Bobol Rumah saat Pemilik ke Gereja

Sementara itu Kanit Reskrim Polsek Kalideres, AKP Aep Haryaman mengatakan kejadian itu terungkap pada hari Minggu (21/7) sekitar pukul 08.45 WIB.

Saat itu, korban pergi ke gereja bersama istrinya untuk melaksanakan ibadah. Sementara Kedua pelaku, Ai alias IN dan EN (DPO), melihat rumah sasaran ditinggal penghuninya dan mencoba masuk dengan merusak pintu menggunakan obeng.

Baca Juga: Komplotan Maling Bajaj di Kebon Jeruk Tertangkap, Hasil Curian Dipotong hingga Dilebur, Mesinnya Dijual

"Namun, saat kedua pelaku sedang merusak pintu, aksi mereka dipergoki tetangga korban yang langsung melaporkan kepada  Satpam," kata Haryaman.

Kedua pelaku kemudian berusaha kabur, tetapi Ai alias IN berhasil diamankan oleh warga, sementara EN (DPO) berhasil melarikan diri.

Dalam penggeledahan terhadap Ai, ditemukan barang bukti berupa dua buah obeng, tiga kunci letter L, dan laptop hasil pencurian pelaku sebelumnya.

Ai dan barang bukti tersebut langsung dibawa ke Polsek Kalideres untuk penyidikan lebih lanjut.

"Dalam pemeriksaan, pelaku juga mengakui telah melakukan pencurian di sebuah rumah kosong di Jalan Empang Bahagia, Jelambar, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat," kata Haryaman. (Antara)

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #kakek #spesialis #maling #rumsong #kalideres #terakhir #bobol #rumah #saat #pemilik #gereja

KOMENTAR