Tak Ikuti Jejak Gibran Mundur, Jubir Ungkap Alasan Prabowo Tetap Jabat Menhan Sampai Pelantikan Presiden
Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto (Instagram/prabowo)
13:12
17 Juli 2024

Tak Ikuti Jejak Gibran Mundur, Jubir Ungkap Alasan Prabowo Tetap Jabat Menhan Sampai Pelantikan Presiden

Juru Bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak menegaskan Prabowo Subianto tidak bakal mundur dari jabatan Menhan. Sebaliknya, Prabowo akan tetap menjadi bagian dari kabinet hingga pemerintahan Presiden Jokowi berakhir.

Hal itu ditegaskan Dahnil menjawab pertanyaan apakah Prabowo sebagai presiden terpilih bakal mengikuti langkah Gibran Rakabuming Raka. Diketahui wakil presiden terpilih itu memilih mundur sebagai Wali Kota Solo.

"Pak Prabowo akan tetap menjadi Menhan sampai waktu pelantikan pesiden pada Oktober nanti," kata Dahnil kepada , Rabu (17/7/2024).

Dahnil membeberkan alasan mengapa Prabowo tetap menjabat sebagai menteri hingga nanti tiba hari pelantikan dirinya sebagai presiden .

Baca Juga: Ratusan Warga Solo Geruduk DPRD, Lepas Pengunduran Diri Gibran dari Wali Kota

"Karena tugas-tugas beliau sebagai Menhan di dalam pemerintahan Pak Jokowi mempermudah koordinasi dan sinkronisasi untuk pemerintahan beliau nanti," kata Dahnil.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) Deddy Sitorus meminta Prabowo Subianto tak perlu mengikuti langkah wakilnya, Gibran Rakabuming Raka yang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wali Kota Solo.

Menurutnya, bila Prabowo mundur dari kursi menteri saat ini malah aneh.

"Ya kalau menurut saya aneh kalau mundur sekarang. Kan sama aja sama Pak Prabowo. Ngapain Pak Prabowo mundur sekarang?" kata Deddy kepada wartawan, Rabu (17/7/2024).

Menurutnya, Prabowo tak perlu mundur sebagai Menhan lantaran sudah ada tim yang mengurusi persiapan transisi kepemimpinan sebagai Presiden.

Baca Juga: Posisi Andi Harun Diganti Keponakan Prabowo Pimpin DPD Kaltim, Ternyata Ini Alasan Gerindra

"Kan dia punya tim untuk menyiapkan itu," katanya.

Lebih lanjut, Anggota Komisi VI DPR RI itu menilai Prabowo sudah memiliki tim yang mempersiapkan program-programnya.

"Semua program-programnya sudah disiapkan waktu dia tampaknya, sudah bentuk tim yang untuk merumuskan setelah dia dinyatakan pemenang," ujar dia.

Minta Budi Arie Mundur

Seorang pengunjuk rasa duduk diatas closet memakai topeng wajah Menkominfo Budi Arie Setiadi saat menggelar aksi di depan gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di Jakarta, Rabu (10/7/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Seorang pengunjuk rasa duduk diatas closet memakai topeng wajah Menkominfo Budi Arie Setiadi saat menggelar aksi di depan gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di Jakarta, Rabu (10/7/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Ia justru menyarankan agar Menkominfo Budi Arie yang seharusnya mengundurkan diri dari jabatannya lantaran dianggap tak becus bekerja.

"Ya terus sekarang mundur mau ngapain? Tuntaskan lah. Kalau yang harus mundur tuh ya Menkominfo gitu loh kerja nggak bener gitu kan? Itu pantas lah mundur. Kecuali ada masalah gitu loh," katanya.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka secara resmi telah menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Wali Kota Solo kepada DPRD Solo, Selasa (16/7/2024).

Dia didampingi Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa dan Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Budi Murtono saat mendatangi DPRD Solo.

Putra sulung Presiden Jokowi itu langsung diterima Ketua DPRD Solo Budi Prasetyo dan para wakil pimpinan, yakni Sugeng Riyanto, Taufiqurrahman dan Ahmad Sapari.

"Terima kasih teman-teman media, selamat sore. Hari ini kami mengantarkan surat pengunduran diri kepada Ketua DPRD Solo. Untuk selanjutnya agar diproses sesuai mekanisme yang ada," terang Gibran, Selasa (16/7/2024).

Gibran menjelaskan alasan pengunduran diri sebagai wali kota selain persiapan pelantikan pada 20 Oktober 2024 nanti. Tentu banyak hal yang harus dipersiapkan dari sekarang.

"Tidak hanya persiapan pelantikan tapi juga banyak hal yang harus kami dipersiapkan dari sekarang. Saya mohon doa dari teman-teman media semua, semoga semuanya dilancarkan," katanya.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #ikuti #jejak #gibran #mundur #jubir #ungkap #alasan #prabowo #tetap #jabat #menhan #sampai #pelantikan #presiden

KOMENTAR