Media Innovation Grant: Suara.com Menggali Inovasi Media Lokal Gresik Lewat Pengembangan Konten
Head of Local Media Community Suara.com Asep Saefullah dalam acara yang digelar di One Place Gresik, Jawa Timur, Selasa (16/7/2024). [Suara.com]
19:12
16 Juli 2024

Media Innovation Grant: Suara.com Menggali Inovasi Media Lokal Gresik Lewat Pengembangan Konten

Suara.com menggelar pelatihan seputar konten untuk insan media lokal Gresik, Jawa Timur pada acara Media Innovation Grant: Content Development & Distribution. Program ini diinisiasi PT Arkadia Digital Media, Tbk yang didukung PT Freeport Indonesia dalam rangkaian acara Jatim Media Summit 2024.

Dalam sosialisasi Media Innovation Grant bertema Content Development & Distribution tersebut, dihadiri lebih dari 20 peserta dari berbagai media lokal di seputar kota Gresik. Di program ini, dikupas bagaimana membangun konten di era digital agar tidak terlindas roda zaman.

“Kami ingin memunculkan kolaborasi, inovasi, dan kerjasama bersama di Gresik ini agar lebih adaptif mengenai pengembangan konten. Kalau kita tidak begitu, nantinya akan tertinggal semakin jauh,” buka Head of Local Media Community Suara.com Asep Saefullah dalam acara yang digelar di One Place Gresik, Jawa Timur, Selasa (16/7/2024).

Asep menuturkan bahwa, industri media saat ini mendapat tantangan yang cukup serius dari berbagai sektor.

Baca Juga: Dubes Belanda Terima Apresiasi Local Media Summit 2023, Dukung Media Profesional dan Bertanggungjawab

“Sekarang tantangannya bagaimana improve teknologi dan bagaimana mendistribusikan konten tersebut,” jelas Asep.

Pada kesempatan ini pula dijelaskan bagaimana media menyiapkan bahan dan materi yang nantinya akan dibahas di acara puncak Jatim Media Summit (JMS) 2024.

“Kami juga ingin membantu media lokal untuk mendapatkan media innovation grant,” jelas Asep.

Menurutnya media arus dengan begitu media arus utama bisa menjangkau, menambah audiensi, dan outlet yang sudah berjalan.

“Dengan dengan demikian, media akan bertahan dan mendapat revenue untuk menghidupi medianya,” jelas Asep.

Baca Juga: Local Media Summit 2023 Resmi Ditutup, Hasilkan Sejumlah Rekomendasi untuk Majukan Media Lokal

Dalam diskusi mengenai pengembangan konten ini, dipantik oleh materi dari Rendy Adrikni Sadikin selaku Head of Community Development PT Arkadia Digital Media Tbk. Ia menjelaskan bahwa dalam membangun sebuah konten harus menentukan sebuah target audiens.

“Ketika kita membuat konten harus menentukan target audiens yang lebih spesifik. Lebih niche akan lebih dicari oleh audiens dan pengiklan,” jelas Rendy Adrikni Sadikin sebagai salah satu pemateri.

Dalam menentukan target audiens ada sejumlah point yang bisa menjadi acuan yakni dari sektor geografi, demografi, psikografi, dan behaviour. Cara kedua untuk menentukan audiens bisa berdasarkan interest, pattern, trend, behaviour, dan profile.

Selain itu, Rendy juga menjelaskan mengenai workflow untuk mengembangkan konten yakni mengumpulkan bahan dan survei konten, production, dan terakhir evaluasi terkait konten yang dibuat.

Di penghujung acara, para pemateri menutup dengan menekankan jika selain membuat konten, media harus bersiap untuk mendistribusikannya secara maksimal.

“Harapannya kami bisa terus berkolaborasi, berinovasi, untuk membangun konten bisnis media ini,” tutup Asep.

Perlu diketahui, acara Media Innovation Grant bertema Content Development & Distribution yang diikutip lebih dari 20 media lokai di One Place Gresik, Jawa Timur.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #media #innovation #grant #suaracom #menggali #inovasi #media #lokal #gresik #lewat #pengembangan #konten

KOMENTAR