Ngeri! Tenteng Cocor Bebek dan Celurit, Pemuda di Jaktim Nekat Bacok Polisi karena Halau Tawuran
Ngeri! Tenteng Cocor Bebek dan Celurit, Pemuda di Jaktim Nekat Bacok Polisi karena Halau Tawuran. [Antara]
23:40
15 Juli 2024

Ngeri! Tenteng Cocor Bebek dan Celurit, Pemuda di Jaktim Nekat Bacok Polisi karena Halau Tawuran

Pemuda berinisial ZMH (21) nekat membacok anggota polisi Iptu Rano Mardani saat melerai aksi tawuran antarkelompok di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (14/7/2024). Terungkap motif ZHM membacok Iptu Rano karena menggangu aksinya untuk tawuran. 

Fakta itu terungkap setelah ZMH ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka. 

Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Nicolas Ary Lilipaly menyampaikan, tersangka ZMH dijerat pasal berlapis dan terancam hukuman 12 tahun penjara. 

"Tersangka dijerat UU Darurat, Pasal 212 KUHP karena melawan petugas dan Pasal 351 KUHP tentang penganiayaan. Tersangka terancam 12 tahun penjara, dari akumulasi pasal," ujarnya di Mapolres Metro Jaktim, Senin petang.

Baca Juga: Polisi Dibacok saat Lerai Tawuran di Duren Sawit, Pemuda Pembacok Iptu Rano Tertangkap!

Menurut dia, MZH saat peristiwa itu membawa senjata tajam jenis cocor bebek dan celurit. Adapun dua kelompok yang terlibat tawuran itu berasal dari warga Kelurahan Klender dan Kelurahan Cipinang (Pulogadung).

Dari hasil pemeriksaan tim penyidik, tersangka ZMH mengaku terganggu terkait keberadaan anggota Polri di lokasi tawuran.

Kemudian, pelaku berbalik menyerang Kanit Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli (Turjawali) Polres Metro Jakarta Timur, Iptu Rano Mardani yang tengah melerai aksi tawuran tersebut.

"Motifnya karena dia terganggu, karena keinginan dia tak tercapai, karena keburu dicegah. Pelaku dalam kondisi sadar (saat melukai anggota Polri)," ujarnya.

Awalnya Ribut di Medsos

Baca Juga: Bikin Warga Resah, Pelaku Tawuran di Depan Mal Bassura Jaktim Kerap Kucing-kucingan sama Polisi

Pemicu tawuran sendiri karena saling ejek di media sosial.

Iptu Rano mengalami luka di bagian tangan dan bagian dalam, sehingga harus dilarikan ke rumah sakit. Saat ini korban pun sudah keluar dari rumah sakit dan sudah bisa beraktivitas kembali.

Sementara, tersangka ZMH sudah mendekam di sel tahanan Polres Metro Jakarta Timur dan barang bukti senjata tajam jenis celurit dan cocor bebek sudah disita.

Nicolas mengimbau kepada masyarakat khususnya di Jakarta Timur agar seluruh orang tua yang memiliki anak remaja harus memberikan perhatian yang ekstra ketat.

"Seluruh orang tua yang ada di Jakarta timur khususnya agar selalu menaati hukum, selalu membimbing dan mengawasi anak-anaknya agar mereka juga taat pada hukum," katanya. (Antara)

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #ngeri #tenteng #cocor #bebek #celurit #pemuda #jaktim #nekat #bacok #polisi #karena #halau #tawuran

KOMENTAR