Usung Jusuf Hamka Duet Dengan Kaesang Di Pilgub DKI, Airlangga Disebut Sedang Cari Muka Ke Jokowi
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. (Suara.com/Faqih)
18:04
13 Juli 2024

Usung Jusuf Hamka Duet Dengan Kaesang Di Pilgub DKI, Airlangga Disebut Sedang Cari Muka Ke Jokowi

Langkah Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dengan mengusung pengusaha Jusuf Hamka sebagai bakal cawagub pendamping Kaesang Pangarep di Pilkada DKI sebagai upaya cari muka ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu sebagaimana dikatakan analis Komunikasi Politik dari Universitas Esa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga. Dia menilai Airlangga Hartarto yang menyiapkan nama Jusuf Hamka untuk dipasangkan dengan Kaesang Pangarep di Pilgub Jakarta hanyalah untuk mengambil hati Jokowi.

"ABS (asal bapak senang), karena wacana mendorong Kaesang maju Pilgub Jakarta kesannya hanya untuk menyenangkan Joko Widodo (Jokowi). Airlangga terkesan ingin menunjukkan paling terdepan dalam mengusung keluarga Jokowi," kata Jamiluddin kepada Suara.com, Sabtu (13/7/2024).

Menurut dia, langkah Airlangga itu juga ditunjukkan kala Golkar mengusung Gibran Rakabuming Raka dan menantu Jokowi, Bobby Nasution di Pilgub Sumut. Langkah itu justru dinilai akan merugikan buat Golkar sendiri, apalagi partai berlambang pohon beringin sejatinya punya kader berkualitas.

Baca Juga: Didukung Jadi Bakal Cawagub Kaesang, Jusuf Hamka Sudah Punya Solusi Atasi Kemacetan di Jakarta

"Airlangga jadi menomorduakan kadernya dan mendahulukan keluarga Jokowi. Padahal, Golkar selama ini dikenal punya banyak kader yang mumpuni dan sangat layak menjadi gubernur," tuturnya.

Oleh Jamiluddin, langkah yang diambil Airlangga justru menjadi sangat ironi. Airlangga disebutnya terkesan mendahulukan keluarga Jokowi, ketimbang kader Golkar sendiri.

"Padahal keluarga Jokowi tidak ada yang menjadi kader Golkar. Hal ini tentu ironi," katanya.

Sebelumnya, Partai Golkar mengaku bakal mendukung Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep bila memang memiliki niatan untuk maju dalam Pilkada Jakarta 2024.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengaku, bakal menyiapkan seorang kadernya, Jusuf Hamka untuk menjadi pendamping Kaesang.

Baca Juga: PSI Tegaskan Belum Ada Kesepakatan Soal Duet Kaesang-Jusuf Hamka Di Pilkada DKI

Airlangga mengatakan, alasan pihaknya menyiapkan Jusuf Hamka lantaran yang bersangkutan telah berpengalaman di bidang infrastruktur. Sebab, menurut Airlangga, permasalahan utama yang ada di Jakarta yakni kemacetan.

"Nah untuk mendukung tadi Mas Ketum, Mas Kaesang seandainya beliau memilih Jakarta, saya siapkan kader Partai Golkar yang sudah memalang melintang di infrastruktur yaitu Babah Alun (Jusuf Hamka),” kata Airlangga, di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (11/7/2024).

Namun hal itu, lanjut Airlangga, bukan keputusan final terhadap Pilkada Jakarta. Ia mengaku masih banyak waktu untuk melakukan pendalaman yang berbasis ilmiah.

"Jadi itu pembahasan-pembahasan, kita banyak punya waktu banyak, punya waktu tidak terburu-buru kita akan berbasis ilmiah kepada survei dan tentu kita juga harus bicara dengan KIM,” jelas Airlangga.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #usung #jusuf #hamka #duet #dengan #kaesang #pilgub #airlangga #disebut #sedang #cari #muka #jokowi

KOMENTAR