Mau Diduetkan dengan Kaesang, Ini Gagasan Jusuf Hamkah soal Banjir hingga Macet yang Bikin Golkar Terpincut
Pengusaha yang juga politisi Partai Golkar Jusuf Hamka. (Suara.com/Bagaskara)
14:28
13 Juli 2024

Mau Diduetkan dengan Kaesang, Ini Gagasan Jusuf Hamkah soal Banjir hingga Macet yang Bikin Golkar Terpincut

Pengusaha yang juga politisi Partai Golkar Jusuf Hamka menceritakan bagaimana dirinya bisa diajak menjadi bakal calon gubernur jika Kaesang Pangarep maju di Pilgub Jakarta 2024. Terlebih soal duet ini disampaikan langsung oleh Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Pria yang juga akrab disapa Babah Alun ini mengatakan semua berawal dari adanya undangan pertemuan dari Airlangga Hartarto di kantornya. Dalam pertemuan itu Jusuf diminta untuk menjelaskan gagasannya untuk atasi permasalah di Jakarta seperti kemacetan hingga banjir.

"Tanggal 11 itu saya makan siang, dipanggil oleh ketua umum Golkar di kantor beliau, terus saya ditanya ini bagaimana Jakarta dengan kemacetan, banjir. Apasih yang bisa dilakukan, kamu kan pelaku usaha infrastruktur," kata Jusuf ditemui usai bertemu Mahfud MD di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (13/7/2024).

Ia pun membeberkan gagasannya pertama mengenai soal kemacetan. Jusuf menceritakan bagaimana dirinya mengurai kemacetan dengan membangun sejumlah jalan.

Baca Juga: Bakal Dipasangkan dengan Kaesang di Pilgub Jakarta, Jusuf Hamka Temui Mahfud MD Bahas Utang

"Saya bilang, pak kami sedang membangun Harbour Road 2, itu mengatasi, mengurai kemacetan dari Pelabuhan Tanjung Priok sampe ke Pluit bahkan sampai ke Cengkareng. Sebab setelah Harbour Road 2, kami juga mendapatkan tugas lagi untuk bangun Pelura Peluit-Bandara. Jadi kami bikin tol di sana," ujarnya.

"Terus dia tanya, kira-kira gimana cara mengurai kemacetan yang bagus. Saya bilang kalau mau mengatasi kemacetan ini masalah nyali. Nyali apa? Berani apa enggak. Karena kalau mau ngatasi kemacetan mobilnya diproduksi bertambah, jalannya gak produksi bertambah. Gak seimbang," sambungnya.

Soal kemacetan kata Jusuf, juga dirasakan sangat memberatkan pengguna jalan apalagi seperti dirinya yang sudah berumur. Ia mencontohkan yang terjadi di Semanggi ke arah Jalan Thamrin.

"Kenapa sih enggak di bangun flyover? Ini pasti mungkin pada ewuh pake wuh terhadap pemilik gedung karena pasti akan merusak keindahan. Sebenarnya bisa disiasati saya bilang pak, tidak perlu merusak keindahan. Jalan tetap ada, apakah flyover apakah BUMD itu kan bisa ditugaskan bikin jalan tol karena APBD Rp 96 triliun, lebih dari cukup saya bilang. Saya cerita lah kepada begitu ke beliau," katanya.

Menurutnya, Airlangga juga bertanya mengenai pengeloaan sampah. Jusuf kebetulan mengurai sampah dengan budidaya belatung.

Baca Juga: Golkar Munculkan Jusuf Hamka, Demokrat Coba Tawarkan Kader-kadernya Jadi Cawagub Jakarta

"Jadi kita budidaya belatung jadi ibu-ibu rumah tangga yang punya sampah, itu sampahnya akan dimakan oleh belatung-belatung itu. Nah itu saya ditanya soal sampah. Terus soal kemacetan," ujarnya.

Jusuf kemudian juga menyoroti soal moda transportasi yang belum layak di Jakarta. Menurutnya, transportasi di Jakarta bisa disubsidi dan masyarakat bisa menikamati secara gratis.

Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum PSI Kaesang Pangarep usai melakukan pertemuan di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta, Kamis (11/7/2024). [Suara.com/Faqih]Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum PSI Kaesang Pangarep usai melakukan pertemuan di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta, Kamis (11/7/2024). [Suara.com/Faqih]

"Bagaimana warga Jakarta? Warga Jakarta ini pak semuanya harus pakai kendaraan pribadi saat ini, kenapa? Karena angkutan umumnya belum nyaman walaupun sudah ada MRT, LRT, ya kan, sudah ada busway. Harus dibikin lebih baik, bagaimana bikin lebih baik? Pak Selter selternya coba dibikin kaya tempat selter Whoosh pasti pak orang-orang berdasi itu semua mau kok pada naik Busway, naik MRT naik apa semua," katanya.

Usai perbicangan itu, Jusuf mengaku pulang ke rumahnya. Dan tak lama berselang pada sore harinya dihubungi untuk datang ke Kantor Golkar.

"Saya diminta datang ke DPP Golkar, 'saya bilang kenapa lagi pak?', ajudan yang telepon, ya sudah saya harus berangkat ke DPP Golkar. Jam 4 saya dateng, disana sudah ada pengurus Golkar lengkap, coba ceritain lagi konsep kamu ini, saya ceritakan terus mereka rapat saya menunggu di luar.

"Mendadakan, 'pak Jusuf ada baju kuning nggak?' Kata ajudan. 'Nggak punya pak, yaudah dipinjemin', makanya bajunya gombrong. 'Kenapa pak?' 'Yaudah nanti tunggu aja'. Tau-tau datang temen-temen dari PSI," katanya menambahkan.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #diduetkan #dengan #kaesang #gagasan #jusuf #hamkah #soal #banjir #hingga #macet #yang #bikin #golkar #terpincut

KOMENTAR