Tepis Isu Politisasi Kasus Harun Masiku, Pimpinan KPK Mesti Turuti Permintaan Megawati Bertemu AKBP Rossa
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. (Suara.com/Bagas)
11:40
8 Juli 2024

Tepis Isu Politisasi Kasus Harun Masiku, Pimpinan KPK Mesti Turuti Permintaan Megawati Bertemu AKBP Rossa

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengungkapkan keinginannya untuk bertemu penyidik KPK AKBP Rossa Purbo Bekti. Rossa merupakan penyidik yang menangani kasus dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI dengan tersangka Harun Masiku.

Menanggapi itu, Mantan Penyidik KPK Yudi Purnomo Harahap menilai seharusnya pimpinan KPK berani memenuhi permintaan Megawati.

Pasalnya, AKBP Rossa bekerja di bawah pimpinan berdasarkan surat perintah perintah penyidikan yang ditandatangani oleh pimpinan KPK.

Dengan begitu, lanjut Yudi, tiap langkah hukum yang dilakukan Rossa, mulai pemeriksaan dan penyitaan telah mengantongi dasar hukum yang jelas.

Baca Juga: Megawati Sentil KPU Soal Pemecatan Hasyim: Sebagai Warga Negara, Saya Sedih!

"Di KPK ada belasan Kasatgas di mana Rossa salah satunya. Pimpinan KPK yang menunjuk dan menyetujui Rossa bukan kasatgas lainnya sehingga kasatgas beserta timnya yang tidak mendapatkan sprindik dari pimpinan tentu tidak akan bisa menangani kasus Harun Masiku," kata Yudi dalam keterangannya, Senin (8/7/2024).

Menurut Yudi, pertemuan AKBP Rossa dengan Megawati juga bisa meredam isu bahwa perburuan Harun Masiku yang dilakukan KPK bersifat politis.

Untuk itu, Yudi mendorong pimpinan KPK untuk tidak gentar menerima permintaan Megawati bertemu AKBP Rossa.

"Pertemuan Megawati dan AKBP Rossa Purbo Bekti penting untuk meredakan isu-isu bahwa perburuan Harun Masiku politis karena memang ini murni penegakan hukum sebab kasus suap Komisioner KPU sampai kapanpun tidak akan selesai tanpa tertangkapnya Harun Masiku," tutur Yudi.

"Bahwa pernyataan Megawati agar AKBP Rossa bertemu dengan dirinya harus dianggap sebagai permintaan dari tokoh bangsa, mantan presiden RI sehingga tidak perlu KPK takut bertemu karena anggapan conflict of interest jabatannya selalu Ketum Partai, namun cermin transparansi dan akuntanbilitas," tandas dia.

Baca Juga: Soroti UKT, Megawati: Kalau Urusan Sekolah Tak Ada Anggarannya, Kurangi Bansos!

Sebelumnya, Megawati menyampaikan dirinya ingin bertemu dengan AKBP Rossa yang menangani kasus Harun Masiku dan sempat melakukan pemeriksaan terhadap Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

"Saya berani kalau umpamanya suruh datang ke sini Rossa, suruh datang ngadepin aku," kata Megawati, Jumat (5/7/2024).

Buronan KPK Harun Masiku. (Ist)Buronan KPK Harun Masiku. (Ist)

Sekadar informasi, KPK kembali menggencarkan pencarian buronan Harun Masiku dalam kasus dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI.

Baru-baru ini, lembaga antirasuah telah memeriksa lima orang saksi, termasuk Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan staf pribadinya, Kusnadi.

Dalam pemeriksaan itu, KPK menyita dua ponsel dan sebuah buku catatan milik Hasto serta sebuah ponsel dan kartu ATM milik Kusnadi.

Namun, hingga saat ini belum diketahui perkembangan upaya pencarian Harun Masiku dari barang-barang yang disita KPK.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #tepis #politisasi #kasus #harun #masiku #pimpinan #mesti #turuti #permintaan #megawati #bertemu #akbp #rossa

KOMENTAR