Ribuan Siswa OLC Bali Ditargetkan Magang di AS hingga Qatar, Tiap Bulan Bakal Digaji Segini
Lembaga kursus dan pelatihan (LKP) Overseas Training Center (OTC) Bali bakal menargetkan ribuab siswa magang ke luar negeri. (Dok OLC Bali)
09:16
2 Juli 2024

Ribuan Siswa OLC Bali Ditargetkan Magang di AS hingga Qatar, Tiap Bulan Bakal Digaji Segini

Sebanyak 3.000 siswa magang Lembaga kursus dan pelatihan (LKP) Overseas Training Center (OTC) Bali berpeluang diberangkatkan ke luar negeri.

Nantinya, sebelun ribuan peserta tersebut akan menjalani pelatihan di OTC Bali selama satu tahun. Rinciannya, mereka akan mendapat pelatihan selama 5 hingga 6 bulan di LKP OTC Bali dan enam bulan setelahnya magang di luar negeri.

Corporate Direktur OTC Bali I Gde Leo Sastra dan Direktur Politeknik OTC I Wayan Rediyasa menyampaikan, selama magang di luar negeri, para peserta latih itu akan mendapatkan upah setiap bulannya. 

"Untuk di Taiwan, internship-nya enam bulan, tapi juga bisa diperpanjang sampai satu tahun. Selama magang, mereka akan digaji hingga Rp10 juta per bulan," katanya dikutip Senin (1/7/2024)

Baca Juga: Besar-besaran Gaji Shin Tae-yong vs Roberto Mancini Jelang Timnas Indonesia vs Arab Saudi

Adapun negara tujuan tersebut meliputi Amerika Serikat (AS), Taiwan, Thailand, Qatar, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Dari total 3.000 siswa latih, OTC Bali sebenarnya menerima permintaan magang cukup tinggi. Jumlah terbanyak berasal dari Taiwan sekitar 2.500-an siswa, lalu 500 siswa dari J-1 Amerika Serikat, 200 dari Thailand, dan permintaan lainnya dari Qatar dan UEA.

"Untuk J-1 sendiri kami memiliki dua user yang berbeda. Masing-masing user itu menentukan target mereka ada 200-300 orang. Nah, sehingga secara total untuk kuota Internship's Luar Negeri OTC Bali melampaui 3.000 orang," ujar Ketua Yayasan Mada Werdi Utama itu.

Direktur Operasional OTC Bali Gianyar, I Gde Leo Sastra menyampaikan tingginya permintaan magang tahun ini meneruskan tren positif tahun lalu. Pada 2023, LKP OTC Bali melakukan penempatan 2.500 siswa ke kapal pesiar dan hospitality di daratan, dengan rincian 1.600 siswa magang dan sisanya siswa yang dikontrak kerja secara profesional.

"Kalau di kapal pesiar biasanya mereka dikontrak kurang lebih delapan bulan. Dua bulan mereka libur di Indonesia, berikutnya kembali lagi dikontrak selama 8 bulan di kapal pesiar," kata Leo Sastra.

Baca Juga: Menkominfo Didesak Mundur Buntut PDN Diretas, Budi Arie Sanggup Lepas Gaji Menteri yang Fantastis?

Karena itu, mengingat rekam baik dalam penempatan siswa magang di luar negeri. Rediyasa mengajak masyarakat memilih LKP OTC Bali saat hendak menempuh pendidikan pelatihan dan kursus serta memilih Politeknik OTC bilamana ingin bekerja lebih cepat sekaligus memiliki ijazah dan gelar Sarjana Terapan Pariwisata. Apalagi, penempatan magang dan kerja juga dilakukan secara internal.

"Kami tidak menitipkan anak kita kepada agensi lain atau orang lain. Tetapi malah kami mengelola penempatan itu secara internal team OTC Bali," ujarnya.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #ribuan #siswa #bali #ditargetkan #magang #hingga #qatar #tiap #bulan #bakal #digaji #segini

KOMENTAR