EKR Piala PUPR 2024 Segera Dihelat, Alexandra Asmasoebrata Puji Sirkuit: Aspalnya Bagus
Ketua IMI Women in Motorsport, Alexandra Asmasoebrata. (Dok: PUPR)
12:56
28 Juni 2024

EKR Piala PUPR 2024 Segera Dihelat, Alexandra Asmasoebrata Puji Sirkuit: Aspalnya Bagus

Electric Karting Race (EKR) Piala PUPR 2024 seri kedua akan segera dihelat di Bandung dan Ibu Kota Nusantara (IKN). Event gokart listrik ini diselenggarakan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Event ini akan memperebutkan Piala Menteri PUPR dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79 serta Kick-off rangkaian kegiatan Hari Jalan 2024.

EKR Piala PUPR 2024 ini juga sosialisasi program pemerintah terkait kendaraan listrik dan juga peningkatan pemahaman masyarakat terhadap teknologi jalan berupa pengaplikasian teknologi jenis campuran beraspal yang digunakan di sirkuit.

Bicara soal sirkuit yang akan digunakan di ERK Piala PUPR 2024 mendapat pujian dari Alexandra Asmasoebrata

Baca Juga: IKN Jadi Pendorong Penyerapan Kapasitas Industri Bahan Bangunan, Gunakan Semen dengan Konsep Berkelanjutan

Menurut Ketua IMI Women in Motorsport itu, perlombaan ini akan meningkatkan ketertarikan masyarakat kepada balap gokart.

"Ini merupakan langkah awal yang bagus, kita tau bahwa balapan gokart itu target marketnya segmented, sangat niche. Tapi untuk di sini dibikin racing-nya menarik, dikemas ada entertainment nya seperti konser dan juga kuliner. Saya juga surprise ternyata sirkuit di sini aspalnya bagus," ujar Alexandra.

Sebagai informasi, sirkuit EV menggunakan sembilan teknologi jalan hasil inovasi yaitu aspal karet, aspal plastik, aspal PG-70, asbuton murni, asbuton pracampur 30, aspal porous, beton porous, timbunan FABA, dan timbunan ringan.

Diharapkan track ini dapat dimanfaatkan oleh IMI dan komunitas kendaraan listrik untuk latihan bersama ataupun kompetisi sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Electric Karting Race Piala PUPR 2024 akan segera digelar. (Dok: PUPR)Electric Karting Race Piala PUPR 2024 akan segera digelar. (Dok: PUPR)

“Sirkuit EV Kementerian PUPR memiliki track sepanjang 1.350 meter, lebar lintasan antara 8 hingga 14 meter, dan memiliki 14 tikungan,” kata Yudi Hardiana selaku Ketua Penyelenggara Electric Karting Race 2024.

Baca Juga: Otorita IKN Ajak Konten Kreator Bagikan Informasi Konstruktif

Target peserta EKR 2024 sebanyak maksimum 50 orang yang terbagi menjadi 4 kelas, yakni kelas mini untuk peserta usia 7 - 13 tahun, kelas junior untuk peserta usia 11 - 15 tahun, kelas senior untuk peserta usia 15 tahun ke atas, dan kelas expert untuk peserta usia 32 tahun ke atas.

Pendaftaran peserta dibuka sejak 1 Juni 2024 dan ditutup pada 15 Juli 2024.

Peserta cukup menyediakan chassis, sedangkan konversi gokart dilakukan dengan kerja sama antara Kementerian PUPR dan UPI. Panitia juga akan menyediakan baterai untuk digunakan oleh para peserta.

Perlombaan akan terdiri dari tiga tahap untuk tiap kelasnya, yaitu Qualifying Time Trial (QTT), Pre-Final, dan Final sesuai dengan regulasi gokart.

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut dapat diperoleh dengan mengunjungi laman https://linktr.ee/electrickartingrace.
Selain mendapat piala, para pemenang juga akan mendapat hadiah uang dengan total ratusan juta rupiah.

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #piala #pupr #2024 #segera #dihelat #alexandra #asmasoebrata #puji #sirkuit #aspalnya #bagus

KOMENTAR