Rekam Jejak Kader Demokrat, Riyanti Nazief Ibu Biduan Nayunda yang Bikin SYL Utang Budi
Rekam Jejak Riyanti Nazief Ibu Biduan Nayunda yang Disebut SYL Berjasa Dalam Hidupnya [Instagram]
09:44
3 Juni 2024

Rekam Jejak Kader Demokrat, Riyanti Nazief Ibu Biduan Nayunda yang Bikin SYL Utang Budi

Eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada lanjutan sidang pemeriksaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta mengungkap alasan mengapa ia memberikan uang, barang mewah hingga jabatan untuk biduan Nayunda Nabila.

SYL mengaku berutang budi kepada orang tua Nayunda Nabila. Lebih lanjut SYL menyebut ibu Nayunda Nabila pernah menjadi bendahara saat dirinya menjadi Ketua DPD Partai Golkar Sulawesi Selatan serta menjadi tim sukses SYL selama dua periode menjabat Gubernur Sulawesi Selatan.

"Saya merasa berutang budi, demi Allah. Kalau saya diminta membantu, saya merasa ada jasa ibunya yang membuat saya sukses," kata SYL.

SYL mengungkapkan beberapa uang yang diberikan kepada Nayunda, di luar upah penampilan Nayunda pada acara Kementan, diminta oleh ibu Nayunda yang mengkritik bayaran Nayunda selalu sedikit saat tampil pada acara Kementan.

Baca Juga: Kerja Keras Bagai Kuda AHY di Dalam Mobil Mewah Mercedes-Benz, Netizen Sedih Lihat Teknik Mengetik Pakai 2 Jari

Lantas siapa sebenarnya ibu Nayunda Nabila dan seperti apa rekam jejaknya?

Ibu dari Nayunda Nabila bernama Riyanti Nazief. Ia memiliki rekam jejak cukup aktif di kegiatan sosial di Sulawesi Selatan.

Riyanti juga cukup aktif sebagai kader partai Demokrat. Ia bahkan sempat ikut Pemilu 2014 dengan menjadi caleg dari Demokrat. Pada Pemilu 2014 tercatat Riyanti nyaleg di Dapil Sulsel 4.

Ia kembali nyaleg di Pemilu 2019 dari partai Demokrat. Di Pemilu 2019, Riyanti kembali maju di Dapil Sulsel 4 nomor urut 2 bersama politisi Demokrat lainnya seperti eks wakil Bupati Jeneponto, Mulyadi Mustamu.

Riyanti Nazief yang memiliki gelar Doktoranda itu juga tercatat aktif di sejumlah organisasi sosial. Ia misalnya dikenal sebagai Ketua Pemerhati Wanita Ibu dan Anak Sulsel.

Baca Juga: 10 Biduan Selain Nayunda Nabila yang Pernah Kena Senggol Kasus Korupsi, Ada yang Rekeningnya Sempat Disita

Di akun Instagram miliknya, Riyanti juga terlibat di organisasi seperti Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Kota Makassar, Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), hingga Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI).

Riyanti juga kerap unggah foto bersama dengan pejabat-pejabat lokal di Sulsel, seperti politisi Golkar yang juga eks Walkot Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, lalu ada foto dengan Azizah Irma, anak dari Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid.

Cukup banyak juga foto Riyanti bersama Ketua DPD Demokrat Sulsel Ni'matullah. Selain itu ada juga foto selfie Riyanti dengan Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang juga ketum Partai Demokrat.

Untuk karier sang anak Nayunda Nabila, Riyanti cukup sering unggah dan mempromosikan putrinya itu di awal merintis karier di dunia musik.

Pada 2021 misalnya saat Nayunda juara 2 Rissing Star, Riyanti menemani sang putri bertemu Wali Kota Makassar Danny Pomanto.

Nayunda dinobatkan menjadi juara dua dalam Rising Star Indonesia Dangdut. Mengunjungi kediaman pribadi Wali Kota Danny Pomanto untuk mengucapkan terima kasih. Atas dukungannya selama berjuang bersama peserta lainnya. Kehadirannya di Jalan Amirullah didampingi ibunya, Riyanti Nazief.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #rekam #jejak #kader #demokrat #riyanti #nazief #biduan #nayunda #yang #bikin #utang #budi

KOMENTAR