10 Biduan Selain Nayunda Nabila yang Pernah Kena Senggol Kasus Korupsi, Ada yang Rekeningnya Sempat Disita
Penyanyi Nayunda Nabila saat menghadiri sidang lanjutan kasus pemerasan dan gratifikasi dengan Terdakwa Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (29/5/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
14:44
1 Juni 2024

10 Biduan Selain Nayunda Nabila yang Pernah Kena Senggol Kasus Korupsi, Ada yang Rekeningnya Sempat Disita

Kasus korupsi dan gratifikasi mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam belakangan ini hangat jadi sorotan. Diantaranya lantaran adanya sosok biduan dangdut Nayunda Nabila yang turut terseret dalam kasus tersebut.

Diketahui selain dipakai untuk jaburan keluarga, hasil korupsi dan gratifikasi yang dilakukan Syahrul Yasin Limpo atau SYL nyatanya juga turut mengalir ke biduan dangdut Nayunda Nabila.

Terungkap dalam sidang lanjutan kasus korupsi SYL yang digelar di PN Tipikor, Jakarta, Nayunda Nabila yang dihadirkan sebagai saksi mengungkap perlakuan spesial yang diberikan SYL kepadanya.

Mulai dari membantu bayar cicilan apartemen senilai Rp29,4 juta, diberikan tas mewah, kalung emas hingga dipekerjakan sebagai tenaga honorer di Kementerian Pertanian.

Baca Juga: Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus, SIK, MSi, MM

Sosok Nayunda nyatanya bukanlah biduan pertama yang ikut kena ciprat dalam kasus korupsi.

Berikut deretan biduan yang pernah kena senggol dalam kasus korupsi di Indonesia.

1. Pamela Safitri

Biduan yang identik dengan seksi ini kena senggol dalam kasus korupsi setelah namanya disebut oleh Indonesian Audit Watch atau IAW.

Dalam keterangannya IAW menyebut ada sosok artis berinisial P yang melakukan endorse produk kecantikan selama periode 2018-2019 yang ternyata menerima aliran dana korupsi.

Baca Juga: Kasus Timah: Kejagung Periksa 2 Ipar Harvey Moeis, Salah Satunya Adik Sandra Dewi

Potret Pamela Safitri. (Instagram/pamelaaaasafitri)Potret Pamela Safitri. (Instagram/pamelaaaasafitri)

Merasa difitnah, Pamela Safitri yang disebut sebut sebagai sosok artis P tersebut buka suara. Ia dengan tegas menampik tudingan terlibat dalam kasus korupsi senilai Rp4,4 triliun.

"Lucu aja kalau dibilang aku terlibat kasus korupsi dan pencucian uang, aku berkarier sejak usia 17 tahun kalau kena kasus sia-sia dong perjuanganku selama ini," tegasnya pada 25 April 2024 lalu.

2. Zaskia Gotik

Nama biduan yang identik dengan goyang itiknya ini menuai sorotan pada 2023 lalu ketika sang suami Sirajuddin Mahmud terseret dalam kasus korupsi Gereja Kingmi Mile 32 di Papua.

Sirajuddin disebut memiliki keterkaitan dengan salah satu terdakwa kasus korupsi tersebut yakni Arif Yahya.

Nama Zaskia Gotik pun turut serta ikut kena senggol hingga ia sempat dituding bangkrut lantaran sang suami terseret kasus korupsi.

Namun belakangan rumor soal Sirajuddin Mahmud terlibat korupsi tak terbukti, di persidangan ia hanya ditetapkan sebagai saksi.

3. Cita Citata

Tak beda nasib dengan Zaskia Gotik, biduan Cita Citata juga pernah kena senggol kasus korupsi pengadaan bantuan sosial Covid-19.

Namanya terseret setelah disebut mantan pejabat Pembuat Komitmen atau PPK Kemensos Adi Wahyono dalam sidang kasus korupsi bansos tersebut.

Adi menyebut Cita Citata dibayar menggunakan dana bansos senilai Rp150 juta ketika mengisi acara di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Meski begitu, Cita Citata menampik terlibat. Pelantun Sakitnya Tuh Disini itu mengaku tak tahu menahu perihal uang yang digunakan untuk membayarnya saat mengisi acara kalau itu berasal dari uang bansos.

"Jadi kalau aku sebagai penyanyi itu ya menyanyi profesional merasa bahwa aku dibayar profesional menurut aku ngga ada sangkut pautnya," katanya.

4. Dewi Sanca

Biduan yang identik dengan membawa ular ini sempat dikaitkan dengan kasus korupsi anggaran APBD yang menjerat Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni.

Dewi Sanca pun sempat menjalani pemeriksaan terkait dugaan terlibat dalam kasus korupsi tersebut.

Meski begitu, belakangan Dewi Sanca membantah soal tudingan yang dialamatkan kepadanya.

"Ya saya rasa kalau umpamanya diantara mereka para bupati ada yang menyalahgunakan APBD terus saya di situ kerjanya penyanyi saya dibayar, saya ngga akan tahu kalau itu uang hasil korupsi atau ngga," terangnya pada 2017 silam.

5. Betty Elista

Skandal korupsi benih lobster yang menyeret mantan menteri Edhy Prabowo nyatanya juga turut dikaitkan dengan seorang biduan bernama Betty Elista.

Betty Elista disebut dalam BAP yang dibacakan jaksa di sidang kasus korupsi mantan Menteri KKP Edhy Prabowo. Ia disebut menerima aliran dana hingga Rp66 juta pada 2020.

Profil Betty Elista [Instagram/belista.real]Profil Betty Elista [Instagram/belista.real]

Gegara hal itu, rekening koran sang biduan pun sempat disita KPK.

Meski begitu, Edhy sendiri mengaku tak kenal dengan sosok Betty Elista.

"Betty tidak kenal saya," ungkapnya seperti dilansir dari Antara.

6. Sefti Sanustika

Biduan yang satu ini juga sempat kena senggol kasus korupsi gegara sang suami Ahmad Fathanah yang terlibat kasus korupsi impor daging pada 2013 silam.

Sefti sempat harus wara wiri ke gedung KPK untuk diperiksa sebagai saksi atas ulah sang suami.

Atas kasus tersebut, suami Sefti divonis 16 tahun penjara.

7. Iis Sugianto

Biduan berikutnya yang sempat kena senggol kasus korupsi yakni Iis Sugiarto.

Penyanyi yang kondang di era 80-an itu sempat harus hadir di persidangan sebagai saksi lantaran diduga ada kaitannya dengan tersangka suap mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar.

Iis dikait-kaitkan lantaran ia pernah menjual rumah kepada Mia Suhodo yang ternyata merupakan ibu mertua dari Emirsyah dengan nilai Rp8,5 miliar.

8. Rya Fitria KDI

Nama Rya Fitria pada akhir 2013 lalu mencuri perhatian setelah disebut-sebut ada kaitannya dengan kasus dugaan korupsi penanganan perkara di Mahkamah Konstitusi.

Rya disebut pernah menerima transferan uang dari mantan Ketua MK kala itu Akil Mochtar yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi penanganan perkara di MK.

Aliran uang tersebut sampai ke Rya sebagai bayaran dalam acara kampanye Akil Mochtar ketika mencalonkan diri sebagai Gubernur Kalimantan Barat.

Terlacak bahwa Akil selama dua tahun rutin mentransfer uang kepada biduan Rya Fitria dengan nilai total Rp900 juta lebih.

Meski begitu, Rya menampik bahwa ia terlibat dalam kasus korupsi. Ia mengaku tak tahu menahu asal muasal uang yang ditransfer kepadanya dari Akil Mochtar.

"Profesional sebagai penyanyi ya, macam-macam nilai uangnya mulai dari Rp4 juta hingga Rp8 juta ya tergantung titiknya," terang Rya kepada awak media seusai menjalani pemeriksaan di KPK.

9. Kristina

Tahun 2008 menjadi tahun yang berat bagi biduan senior Kristina.

Pedangdut yang populer di era 90an itu harus jatuh bangun karena terseret kasus korupsi.

Kristina [Instagram]Kristina [Instagram]

Setelah sang suami terjerat korupsi suap dari Sekda Bintan, hingga akhirnya ditahan, ia harus berurusan dengan KPK karena dibidik dalam kasus korupsi yang lain yakni terkait kasus alih fungsi hutan mangrove menjadi Pelabuhan Api-api di Sumatera Selatan.

Kristina sendiri akhirnya berpisah dengan sang suami yang dijatuhi hukuman 8 tahun penjara akibat kasus suap.

10. Tri Kurnia

Biduan terakhir yang kena senggol kasus korups yakni Tri Kurnia Rahayu.

Tri Kurnia Rahayu kesangkut korupsi dan pencucian uang kuota impor daging sapi dengan tersangka Ahmad Fathanah.

Tri Kurnia disebut mendapat aliran dana sebesar Rp400 juta dari hasil korupsi tersebut.

Belakangan, Tri Kurnia Rahayu mengembalikan uang senilai Rp400 juta beserta sejumlah hadiah yang pernah diberikan kepadanya dari Ahmad Fathanah ke KPK.

Ahmad Fathanah sendiri diketahui sebelumnya membagi-baikan asetnya kepada sejumlah pihak termasuk diantaranya ke para wanita.

Selain ke Tri Kurnia, aliran aset yang dibagikan Fathanah juga sampai ke model cantik Vitalia Shesya, hingga Ayu Azhari.

Editor: Galih Priatmojo

Tag:  #biduan #selain #nayunda #nabila #yang #pernah #kena #senggol #kasus #korupsi #yang #rekeningnya #sempat #disita

KOMENTAR