Sosok Desta, Seleb Terseret Kasus Dugaan Pelecehan Seksual Ketua KPU Hasyim Asy'ari
Desta di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (21/1/2024). [Suara.com/Tiara Rosana]
15:36
22 Mei 2024

Sosok Desta, Seleb Terseret Kasus Dugaan Pelecehan Seksual Ketua KPU Hasyim Asy'ari

Artis Deddy Mahendra Desta atau yang dikenal dengan Desta dipanggil Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terkait kasus dugaan pelecehan seksual Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, Rabu (22/5/2024).

Namun, Desta tak menghadiri sidang dugaan tindak asusila Hasyim Asy'ari secara langsung di DKPP. Selain Desta, DKPP juga memanggil anggota KPU RI, Betty Epsilon Idroos, sebagai pihak terkait untuk hadir dalam sidang yang sama.

Profil Desta
Deddy Mahendra Desta, SDs atau Desta lahir di Surakarta Jawa Tengah 15 Maret 1977. Ia adalah cucu dari Kho Ping Hoo.

Desta merupakan seorang pemeran, musikus, pelawak, penyiar radio, dan presenter Indonesia keturunan Jawa dan Tionghoa. Ia pun menjadi salah satu anggota klub motor The Prediksi yang didirikan oleh komedian Andre Taulany.

Desta menikah dengan Natasha Rizki yang lebih muda 16 tahun darinya pada tanggal 21 April 2013. Desta mendapat gelar dari keluarga Natasha yang berasal dari Sumatera Barat sebagai Sutan Batuah (Orang Sakti) sehingga namanya menjadi Deddy Mahendra Desta Sutan Batuah.

Desta dan Natasha Rizki bertemu pertama kali saat bermain bersama di sinetron Si Biang Kerok yang tayang di SCTV. 

Dari pernikahannya tersebut, mereka dikaruniai tiga orang anak. Namun rumah tangganya berakhir perceraian pada 19 Juni 2023

Sebelum menikah dengan Natasha, Desta diketahui pernah menjalin hubungan asmara dengan sejumlah aktris yakni Alyssa Soebandono dan penyanyi Gisella Anastasia.

Desta sempat aktif di komunitas punk Young Offender bersama temannya sejak kecil Cliffton Jesse Rompies dan Vincent Ryan Rompies. Pada pertengahan 1990-an ia tergabung bersama Cliff dan teman sekolahnya di SMA Negeri 68 Jakarta Ricky Siahaan, dalam sebuah cover band bernama Chapter 69 yang identik dengan membawakan lagu-lagu dari band alternatif Smashing Pumpkins.

Desta bersama teman kuliahnya di IKJ, Henry Foundation (Goodnight Electric) membentuk sebuah band bernama Clubeighties, dan kemudian merekrut Vincent, Lembu Wiworo Jati dan Sukma Perdana Manaf.

Ia awalnya bermain gitar dan semenjak drummer Henry Foundation mengundurkan diri, ia pun beralih sebagai penabuh drum di grup musik tersebut dan kemudian Cliff bergabung menjadi pemain gitar. 

Sepanjang kariernya bersama Clubeighties, Desta sudah merilis empat album. Ia juga sempat bermain bersama Jimi Multhazam dan Vincent dalam jamming session Jimi and the Playboys.

Pada 2009, Desta bersama rekannya sesama mantan personel Clubeighties, Vincent, dan aktor Tora Sudiro membentuk grup musik bernama The Cash, yang berawal dari jamming di acara sahur di Indosiar.

Di tahun 2021, grup motor The Prediksi merilis singel berjudul "Orkes Prediksi" yang terinspirasi dari orkes moral seperti OM PSP dan OM PMR.

Sejak tahun 2023, Desta bergabung dengan grup musik baru yakni Andre Taulany & Friends yang beranggotakna Raffi Ahmad, Dikta Wicaksono dan 2 rekannya di The Prediksi yakni Surya Insomnia dan Andre Taulany.

Kasus Ketua KPU Hasyim Asy'ari
Diketahui, LKBH FHUI mewakili korban melaporkan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari ke DKPP. Hasyim diadukan karena adanya laporan dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu berkaitan dengan dugaan tindak asusila. 

Tindak asusila ini diduga dilakukan Hasyim terhadap perempuan yang bertugas sebagai panitia pemilihan luar negeri (PPLN) pada pelaksanaan Pemilu 2024. 

Hasyim Asy'ari dinilai pihak korban telah melanggar kode etik penyelenggara pemilu berdasarkan Peraturan DKPP Nomor 2 Tahun 2017. 

Editor: Eko Faizin

Tag:  #sosok #desta #seleb #terseret #kasus #dugaan #pelecehan #seksual #ketua #hasyim #asyari

KOMENTAR