Fakta Baru Tukang Jagal Sadis Pemutilasi Istri: Dibawa ke RS Jiwa, Tarsum Mendadak Tanya Kabar Anaknya
Fakta Baru Tukang Jagal Sadis Pemutilasi Istri: Dibawa ke RS Jiwa, Tarsum Mendadak Tanya Kabar Anaknya. [Harapanrakyat.com]
14:40
8 Mei 2024

Fakta Baru Tukang Jagal Sadis Pemutilasi Istri: Dibawa ke RS Jiwa, Tarsum Mendadak Tanya Kabar Anaknya

Polisi menyebut Tarsum tersangka pembunuhan dan mutilasi istri bernama Yanti (44) di Kabupaten Ciamis masih memberikan keterangan yang berubah-ubah. Bahkan pria berusia 51 itu sempat menanyakan kondisi kesehatan istrinya yang telah dibunuh tersebut kepada dokter.

Hal ini diungkap Kasat Reskrim Polres Ciamis AKP Joko Prihatin.

Selain menanyakan Yanti, Tarsum juga bertanya ihwal kondisi anaknya. 

"Makanya observasi lebih lanjut (soal kejiwaannya)," kata Joko kepada wartawan, Rabu (8/5/2024).

Saat ini, lanjut Joko, pihaknya telah merujuk Tarsum ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Cisarua, di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Keputusan ini diambil berdasar hasil observasi tim dokter RSUD Ciamis. 

Penampakan detik-detik Tarsum saat membuang bagian tubuh istrinya, Yanti korban mutilasi di pinggir jalan kawasan Ciamis, Jawa Barat. (tangkapan layar/ist). Penampakan detik-detik Tarsum saat membuang bagian tubuh istrinya, Yanti korban mutilasi di pinggir jalan kawasan Ciamis, Jawa Barat. (tangkapan layar/ist).

Menurut keterangan dokter, diperlukan adanya observasi lebih lanjut selama 14 hari untuk mendapatkan hasil visum psikologi. 

"Di sana kan ada perawatan dan sebagainya yang dilakukan. Jadi keamanannya, kesehatannya bisa terjamin di sana, jadi direkomendasi ke sana," jelasnya. 

Potongan Tubuh Istri Ditawari Tetangga

Sebagaimana diketahui, peristiwa pembunuhan disertai mutilasi ini terjadi di Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Bogor pada Jumat (3/5/2024) lalu. Seusai membunuh dan memutilasi korban, Tarsum menawarkan potong tubuh istrinya tersebut ke para tetangga.

Lokasi kasus suami mutilasi istri di Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis. [Foto: Feri/HR]Lokasi kasus suami mutilasi istri di Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis. [Foto: Feri/HR]

Peristiwa pembunuhan disertai mutilasi ini diduga dilakukan Tarsum karena depresi usahanya bangkrut dan memiliki utang di atas Rp100 juta. Tarsum diketahui sebelumnya berprofesi sebagai juragan jagal sapi dan kambing.

"Profesi dari pelaku ini dia semacam tukang jagal kambing. Pekerjaan sehari-harinya tukang potong kambing," kata Kapolres Ciamis AKBP Akmal kepada wartawan, Jumat (3/5/2024) lalu. 

Akmal mengungkap berdasar keterangan pihak keluarga dan warga, Tarsum memang sempat menjalani perawatan kejiwaan di Puskesmas. Bahkan pihak Puskesmas telah mengingatkan keluarganya untuk selalu melaporkan perkembangan kesehatan pelaku. 

"Setelah diberikan obat itu ternyata tidak update lagi keluarga korban, hingga kejadian," bebernya. 

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #fakta #baru #tukang #jagal #sadis #pemutilasi #istri #dibawa #jiwa #tarsum #mendadak #tanya #kabar #anaknya

KOMENTAR