Ini Cita-cita Ahok yang Belum Terwujud Saat Masih Jadi Gubernur DKI Jakarta
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (Instagram @basukibtp)
00:16
6 Mei 2024

Ini Cita-cita Ahok yang Belum Terwujud Saat Masih Jadi Gubernur DKI Jakarta

Eks Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok membeberkan mimpinya menata kota Jakarta, khususnya upaya dalam mengatasi kemacetan saat masih menjadi kepala daerah. Salah satu caranya adalah dengan membuat superblok.

Superblok ini artinya membuat satu kawasan dengan fasilitas lengkap, seperti perkantoran, perumahan, dan pasar.

Dengan adanya superblok, maka masyarakat tak perlu bepergian terlalu jauh dalam beraktifitas.

"Dulu saya bermimpi, semua tanah-tanah milik Pemprov DKI dibangun superblok," ujar Ahok melalui akun YouTube pribadinya, dikutip Minggu (5/5/2024).

Kebanyakan warga di Jakarta, kata Ahok, bisa menghabiskan empat sampai lima jam setiap hari untuk berangkat dan pulang kerja atau sekolah. Mereka terlalu banyak menghabiskan waktu di jalan karena kemacetan.

"Ini membuang energi, membuat hubungan sosial juga tidak baik, anak juga tidak punya waktu bermain dengan orang tua, tapi mereka tentu tidak bisa membeli rumah di Jakarta yang begitu mahal," ucapnya.

Kunci dalam penyediaan superblok ini adalah penyediaan apartemen sewa yang murah. Keluarga bisa menggunakannya untuk sehari-hari agar memangkas jarak dari rumah ke kantor.

"Nah, dengan seperti itu, mungkin di akhir pekan dia baru kembali ke rumahnya. dia bisa mencicil uang dari leasing mobil, dari BBM, dari tol, dia bisa pakai itu untuk tabungan," jelasnya.

Harta Kekayaan Ahok: Punya 23 Properti, Pantas Santai Mundur dari Komut Pertamina

Kemudian, ia juga sempat berkeinginan membangun parkiran luas dan murah untuk pengguna kendaraan umum. Lewat cara ini, pada jam-jam sibuk pengendara akan beralih ke transportasi massal.

"Yang mau kita lakukan adalah parkir-parkir yang luas, yang murah. bahkan sampai gratis kalau dia membeli tiket bus langganan

"Dulu konsep saya itu membangun di bawah monas yang hampir 70 hektare ukurannya, itu bangun parkir bawah tanah. sehingga kendaraan yang mau ke Sudirman-Thamrin yang begitu macet, itu mereka akan parkir di sana," pungkasnya.

Editor: Ria Rizki Nirmala Sari

Tag:  #cita #cita #ahok #yang #belum #terwujud #saat #masih #jadi #gubernur #jakarta

KOMENTAR