Sebagian Wilayah Indonesia Masuk Musim Kemarau, 5 Kota Ini Suhunya di atas Rata-rata, Sidoarjo Salah Satunya
Warga melintas di pelican crossing, Tosari, Jakarta.Dinas Kesehatan DKI Jakarta meminta warga untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan ketika kondisi cuaca panas terik guna terhindar dari sengatan panas (heat stroke). (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)
15:08
5 Mei 2024

Sebagian Wilayah Indonesia Masuk Musim Kemarau, 5 Kota Ini Suhunya di atas Rata-rata, Sidoarjo Salah Satunya

- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki periode Musim Kemarau pada bulan Mei hingga Agustus 2024. Akibatnya, suhu panas diperkirakan akan terus terjadi di siang hari bulan bulan ini.

"Memasuki periode Mei, sebagian wilayah Indonesia mulai mengalami awal kemarau dan sebagian wilayah lainnya masih mengalami periode peralihan musim atau pancaroba," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto kepada wartawan, Minggu (5/5).   "Sehingga potensi fenomena suhu panas dan kondisi cerah di siang hari masih mendominasi cuaca secara umum di awal Mei 2024," sambungnya.  

  Berdarkan data BMKG, kondisi suhu panas di wilayah Indonesia dengan nilai di atas 36°C tercatat pada beberapa wilayah, seperti di Deli Serdang (Sumatera Utara) 37,1 °C, Medan (Sumatera Utara) 36,6 °C, Kapuas Hulu (Kalimantan Barat) 36,6 °C, Sidoarjo (Jawa Timur) 36,6 °C, dan Bengkulu sebesar 36,6 °C.   Meskipun beberapa wilayah mengalami cuaca yang panas, Guswanto menyebut bahwa potensi hujan sedang-lebat di sebagian wilayah Indonesia masih ada.    Ia menyampaikan, dalam sepekan terakhir bulan April 2024, hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat masih terjadi di beberapa wilayah, seperti di Kerinci (Jambi) 83,8 mm/hari, Manado (Sulawesi Utara) 80mm/hari, Aceh Besar (Aceh) 130mm/hari, Sorong (Papua Barat) 91.0 mm/hari, Minangkabau (Sumatera Barat) 84 mm/hari, Kufar (Maluku) 83 mm/hari, dan Indragiri (Riau) sebesar 92 mm/hari.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #sebagian #wilayah #indonesia #masuk #musim #kemarau #kota #suhunya #atas #rata #rata #sidoarjo #salah #satunya

KOMENTAR