Momen Jokowi dan PM Singapura Ngobrol di Istana Bogor, Prabowo dan Lawrence Wong Ikut Nyimak
Presiden Joko Widodo atau Jokowi berbicara santai dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan PM Singapura terpilih Lawrence Wong di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (29/4/2024). (Suara.com/Novian)
14:04
29 April 2024

Momen Jokowi dan PM Singapura Ngobrol di Istana Bogor, Prabowo dan Lawrence Wong Ikut Nyimak

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan diskusi bersama Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di veranda, Istana Kepresidenan Bogor, Senin (29/4/2024). Tampak suksesor masing-masing yang turut hadir dalam sesi mengobrol satu meja.

Suksesor keduanya yang dimaksud ialah, Menteri Pertahanan RI sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto sebagai penerus Jokowi dan Lawrence Wong yang bakal menggantkan Lee selaku Perdana Menteri Singapura berikutnya.

Lee Hsien Loong, Prabowo Ikut Mendampingi

Melalui siaran di YouTube Sekretariat Presiden, tampak Jokowi dan Lee yang hadir lebih dulu tengah melakukan sesi foto sebelum duduk satu meja dengan Jokowi. Berselang sekitar setengah menit kemudian menyusul Prabowo dan Lawrence yang juga turut duduk.

Prabowo tampak memberikan gestur sedikit membungkukan badan ke arah Jokowi sebelum dirinya duduk di siai kiri kepala negara. Sementara Lawrence duduk di sisi kanan Lee. Mereka tampak kompak dengan pakaian batik yang dikenakan.

Terlihat Presiden Jokowi yang sedang berbincang dengan Lee, sedangkan dua penerusnya masing-masing terlihat menyimak. Tempak juga beberapa momen Jokowi beserta ketiga orang lainnya yang tertawa bersama.

Tidak lama berselang dari obtolan di veranda, berdasarkan pantauan di lokasi, empat orang tersebut kembali memasuki ruang teratai. Kekinian pemandangan terlihat berbeda dari sebelumnya sesaat Jokowi mempersilakan Lee masuk.

Perbedaan itu terlihat dari Jokowi yang berjalan berdampingan dengan Lawrence, sedangkan Lee berdampingan berjalan dengan Prabowo. Sebelumnya saat penyambutan, posisinya berbeda. Jokowi berjalan bersama Lee dan Prabowo mendampingi Lawrence.

Berselang waktu kemudian, keduanya kembali memasuki ruang teratai bersama para menteri-menteri dari kedua negara. Mereka menyaksikan penandatangan nota kesepahaman atau MoU, di antaranya MoU concerning Community Empowerment in Mangrove Ecosystem san Indonesia-Singapore Joint Update on Defence Cooperation (JUDC).

Tawa Prabowo dan Lawrence

Prabowo dan Lawrene tampak berkomunikasi dan melemparkam tawa sesaat rangkian penandatangan nota kesepahaman selesai dilakukan. Tepatnya setelah Jokowi dan Lee mejinggalkam ruang teratai untuk persiapan konferensi pers.

Di mana saat meja tempat penandatangan dipindahkan diganti dengan mimbar podium untuk Jokowi dan Lee. Lawrence terlihat menghampiri dan mengajak ngobrol Prabowo sembari melihat ke arah podium. Prabowo menanggapinya dengan menunjuk ke arah serupa.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bercanda bersama Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (29/4/2024). (Suara.com/Novian)Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bercanda bersama Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (29/4/2024). (Suara.com/Novian)

Tak lama setelahnya, Prabowo yang masih berjalan menuju ke sisi ruangan mendadak tertawa. Lawrence yang turut tertawa terlihat masih mengikuti Prabowo berjalan, sebelum akuirnya ia kembali ke sisi ruangan satunya bersama delegasi Singapura.

Selesai konferensi pers, Prabowo dan Lawrence terlihat kembali berjalan berdampingan.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi menerima kunjungan dari PM Singapura Lee Hsien Loong di Istana Kepresidenan Bogor. Kunjungan tersebut terkait rangkaian acara pertemuan dalam Leader’s Retreat Indonesia - Singapura.

Pantauan Suara.com di lokasi, Jokowi tampak turun langsung menyambut kehadiran Lee di kawasan Istana. Pukul 10.06 WIB, keduanya lantas memasuki Ruang Teratai di Istana. Jokowi terlihat mempersilakan Lee berjalan terlebih dahulu menuju area pemotretan terkait kedatangannya.

Selesai melakukan sesi foto, selanjutnya Jokowi mempersilakan Lee untuk duduk guna menandatangi buku tamu sebelum keduanya masuk menuju ruang pertemuan di Veranda.

Jokowi Terima Kunjungan PM Singapura Lee Hsien Loong di Istana Bogor

Terlihat menyusul di belakang Jokowi dan Lee, ada Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto berjalan berdampingan bersama Lawrence Wong yang merupakan PM terpilih sebagai penerus Lee.

Ada pun sejumlah menteri yang hadir, di antaranya Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menseskab Pramono Anung, Mendikbudristek Nadiem Makarim, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, hingga KSP Moeldoko.

Editor: Ria Rizki Nirmala Sari

Tag:  #momen #jokowi #singapura #ngobrol #istana #bogor #prabowo #lawrence #wong #ikut #nyimak

KOMENTAR