Lakukan Investigasi Bentrok TNI AL dengan Brimob, Polda Papua Barat Ancam Beri Sanksi Bagi Prajurit Bersalah
Bentrok anggota TNI AL Marhanlan XIV/Sorong dengan Brimob di pelabuhan Sorong, Papua direkam warga pada Minggu (14/4/2024). (tangkap layar)
06:04
15 April 2024

Lakukan Investigasi Bentrok TNI AL dengan Brimob, Polda Papua Barat Ancam Beri Sanksi Bagi Prajurit Bersalah

Polda Papua Barat bakal mengusut tuntas penyebab kericuhan antara personel Brimob Polda Papua Barat dengan personel TNI AL Marhanlan XIV/Sorong di Pelabuhan Sorong, Papua Barat, Minggu (14/4/2024). Kapolda Papua Barat Irjen Pol. Johnny Eddizon Isir mengatakan, pihaknya juga tidak akan segan menjatuhi hukuman bagi para personelnya yang terlibat.

“Kami berkomitmen melakukan penyelidikan secara utuh dan tuntas terhadap oknum personel dan diberlakukan penegakan hukum,” kata Isia melalui keterangan tertulisnya yang diterima , Minggu (14/4/2024).

Hingga sejauh ini, Isir menyebut, ada 10 orang personel TNI-Polri yang mengalami luka akibat bentrokan tersebut.

4 korban berasal dari anggota TNI, sementara 1 orang merupakan personel dari Polres Tambrauw dan 5 lainnya merupakan personel Polres Sorong Kota.

“Sudah dilakukan perawatan, kita berharap rekan-rekan kita segera sembuh dan pulih kembali untuk sama-sama saling bergandengan tangan melaksanakan tugas berikutnya,” ucapnya.

Isir juga meminta maaf kepada Pihak Pelabuhan, dalam hal ini Pelindo, atas kerusakan yang terjadi akibat kericuhan yang melibatkan anak buahnya tersebut.

“Saya juga minta maaf kepada kawan-kawan di Pelindo, karena ada kerusakan yang terjadi di sana,” ungkapnya.

di Sorong Ternyata Gegara Salah Paham

Isir mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak terprovokasi atas bentokan ini. Jangan mudah percaya dengan informasi yang masih belum terpercaya sumber dan keakuratan informasi tersebut.

“Kepada masyarakat kami himbau terkhusus yang ada di Sorong dan semua yang ada di tanah Papua, jangan terhasut ataupun terbawa informasi yang tidak benar,” tuturnya.

“Pasti ada solusi dari dinamika yang ada, kita berupaya kedepan agar hal ini tidak terulang kembali dan kami masing-masing akan melakukan konsolidasi ke dalam. Silahkan masyarakat kota Sorong melakukan aktifitas seperti biasa, permasalahan sudah selesai, kita masing-masing akan melakukan penyelidikan terhadap permasalahan ini untuk penegakkan hukum sesuai kriteria perbuatannya” tambahnya.

Editor: Ria Rizki Nirmala Sari

Tag:  #lakukan #investigasi #bentrok #dengan #brimob #polda #papua #barat #ancam #beri #sanksi #bagi #prajurit #bersalah

KOMENTAR