Pelabuhan Merak Semakin Padat di H-4 Lebaran 2024, Pemudik Antre 6 Jam untuk Naik Kapal
Arus mudik di Pelabuhan Merak diperkirakan H-4 Lebaran. (ANTARA)
10:40
7 April 2024

Pelabuhan Merak Semakin Padat di H-4 Lebaran 2024, Pemudik Antre 6 Jam untuk Naik Kapal

Kepadatan pemudik di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten terjadi sejak Jumat (5/4/2024). Bahkan hingga Sabtu (6/4/2024) malam atau H-4 Lebaran 2024, kendaraan pemudik yang hendak menyebrang ke Pulau Sumatera masih terus memadati area pelabuhan.

Akibatnya, pada arus mudik Lebaran 2024 ini para pemudik harus menunggu antrian hingga berjam-jam lamanya di dermaga yang ada di area Pelabuhan Merak untuk bisa naik ke kapal Ferry.

Salah satu pemudik asal Cikeas Bogor, Riko (38)  mengaku sudah menunggu lebih dari 6 jam lamanya di areal dermaga 6 atau dermaga eksekutif Pelabuhan Merak untuk bisa masuk ke dalam kapal ferry ekspress.

Riko mengungkapkan dirinya sempat tak menemui kemacetan berarti saat berangkat dari kediamannya untuk menuju Pelabuhan Merak.

"Alhamdulillah tadi dari rumah setengah 1 (siang) dan sampai sini (Pelabuhan Merak) setengah 4 (sore). Itu tadi saya nyampe setengah 4, dan memang proses antrinya lama karena banyak kantong-kantong parkir, itu lamanya. Kalau dari jalannya cepet, lama antrinya 6 jam baru nyampe dermaga," kata Riko saat ditemui di dermaga 6 Pelabuhan Merak, Sabtu (6/4/2024) malam.

Menurutnya, proses lamanya antrian di areal pelabuhan sebelum masuk ke kapal saat ini menjadi pengalaman terparah yang dialaminya selama menjalani mudik lebaran.

Sejumlah pemudik di Pelabuhan Merak tengah mengantre untuk masuk ke kapal menuju Pelabuhan Bakauheni, Sabtu (6/4/2024) malam. [Yandi Sofyan/Suara.com]Sejumlah pemudik di Pelabuhan Merak tengah mengantre untuk masuk ke kapal menuju Pelabuhan Bakauheni, Sabtu (6/4/2024) malam. [Yandi Sofyan/Suara.com]

"Sudah beberapa kali mudik, memang seringnya lewat darat gini. Baru kali saya antrian di dalam, sebelum-sebelumnya ga pernah, paling satu jam, dua jam wajar lah, ini yang paling lama saya alamin," ungkapnya.

Hal senada turut disampaikan pemudik asal Cikarang, Aan (31). Ia mengaku harus menunggu lebih dari 6 jam di areal Pelabuhan Merak agar bisa masuk ke dalam kapal.

"Masuk sini (area Pelabuhan Merak) tuh setengah 4 (sore). Ini masih nunggu kapal jam segini (pukul 21.45 WIB) dari jam setengah 4. Ini pengalaman paling parah, sebelumnya cuma macet itu paling lama 4 jam, 5 jam," kata Aan.

Berdasarkan pantauan di dermaga eksekutif Pelabuhan Merak pada pukul 22.40 WIB, kendaraan pemudik masih tertahan di dermaga menunggu masuk ke dalam kapal. Sementara kantong-kantong parkir yang disediakan masih terus dipenuhi kendaraan pemudik yang baru datang.

Kontributor : Yandi Sofyan

Editor: Hairul Alwan

Tag:  #pelabuhan #merak #semakin #padat #lebaran #2024 #pemudik #antre #untuk #naik #kapal

KOMENTAR