Mahfud MD Minta Tolong ke Nadiem Makarim, Ada Apa Gerangan?
Ilustrasi Mahfud MD. Mahfud MD minta tolong ke Nadiem Makarim. [Suara.com/Alfian Winanto]
15:56
4 April 2024

Mahfud MD Minta Tolong ke Nadiem Makarim, Ada Apa Gerangan?

Mantan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyenggol Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim.

Dalam cuitan di akun X, Mahfud MD mengkritik kebijakan Nadiem Makarim mengenai tidak wajibnya Pramuka menjadi ekstrakurikuler (ekskul) di sekolah.

Menurut Mahfud MD, Nadiem sebaiknya mempertimbangkan kembali aturan tersebut dan mewajibkan kembali Pramuka sebagai ekskul.

"Mendikbud-Ristek Pak Nadiem Makarim Yth. Mohon dipertimbangkan agar Pramuka tetap diberi tempat penting di sekolah kita. Jadikan Pramuka sebagai Ekskul wajib," ujar Mahfud MD.

Mahfud mengaku dirinya adalah alumni Pramuka Gudep 449 Yogyakarta. Saat di Polhukam, Mahfud mengusulkan agar Pramuka dikuatkan posisinya dan dinaikkan anggarannya.

Menurut Mahfud MD, saat ini filosofi pendidikan mencerdaskan kehidupan bangsa harus mencakup otak dan watak. 

"Filosofi pendidikan kita mencerdaskan kehidupan yg mencakup "otak" dan "watak", intelektualitas dan moralitas, skill dan kelembutan hati," tuturnya.

Di  Pramuka lah, kata Mahfud anak-anak mendapatkan pelajaran mengenai persahabatan, cinta alam, cinta tanah air dan lainnya.

"Di Pramuka anak-anak mendapatkan persahabatan, cinta sesama, cinta alam, cinta tanah air, dan lain-lain yang manusiawi dan Indonesiawi. Tolong, Pak," ujar Mahfud MD.

Seperti diketahui Nadiem Makarim mengeluarkan Peraturan Menteri Nomor Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Senin (25/3/2024) lalu.

Dalam aturan tersebut, Pramuka kini ditempatkan sebagai kegiatan yang dapat dipilih dan diikuti sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik.

Editor: Wakos Reza Gautama

Tag:  #mahfud #minta #tolong #nadiem #makarim #gerangan

KOMENTAR