Astra Infra Prediksi 6,8 Juta Kendaraan Akan Melintas di Ruas Tol Merak hingga Mojokerto Selama Periode Mudik Lebaran
Ruas jalan tol Tangerang - Merak. (Dok. Jawa Pos Grup)
21:24
28 Maret 2024

Astra Infra Prediksi 6,8 Juta Kendaraan Akan Melintas di Ruas Tol Merak hingga Mojokerto Selama Periode Mudik Lebaran

  - PT Astra Tol Nusantara atau Astra Infra memprediksi sebanyak 6,8 juta kendaraan akan melintas di ruas tol yang dikelolanya selama periode lebaran 2024. Meliputi, Jalan Tol Tangerang-Merak, Jalan Tol Cikopo-Palimanan, dan Jalan Tol Jombang-Mojokerto.   Ketua Gugus Tugas Lebaran Astra Infra 2024, Rinaldi menuturkan, jumlah tersebut tercatat naik sebesar 3,4 persen dibandingkan lebaran 2023.   "Proyeksi ini merupakan akumulasi sejak H-10 lebaran sampai dengan H+10 lebaran 2024, untuk total kendaraan yang melintas itu sebanyak 6,8 juta kendaraan, ini naik 3,4 persen dibanding lebaran 2023," ujar Rinaldi dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (28/3).  

  Lebih rinci, Rinaldi mengatakan distribusi lalu lintas selama lebaran disumbang oleh Ruas Jalan Tol Tangerang-Merak sebanyak 3,5 juta kendaraan atau naik 3,6 persen dibandingkan dengan periode lebaran tahun lalu.   Kemudian, di ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) tercatat sebanyak 2,1 juta kendaraan atau naik 2,2 persen dibandingkan dengan tahun 2023. Serta, ruas Tol Jombang-Mojokerto 1,2 juta kendaraan atau naik 5,2 persen dibandingkan dengan lebaran tahun 2023.   Tak ketinggalan, demi keselamatan dan kenyamanan bersama, Astra Infra turut mengimbau pemudik untuk dapat merencanakan perjalanan mudik lebaran dengan cerdas dan bijak, dengan melakukan persiapan kondisi kendaraan maupun fisik yang prima.   Selama di perjalanan, pemudik diimbau untuk mengutamakan keselamatan dengan menjaga batas kecepatan dan beristirahat jika lelah, mengantuk, atau telah berkendara selama 4 jam berturut-turut.   Jika rest area penuh, pengguna jalan juga dapat memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol, untuk kemudian kembali masuk tanpa tambahan biaya. Untuk mencegah antrean di gerbang tol, pemudik diimbau untuk dapat menyiapkan saldo e-toll yang mencukupi.   “Dalam kondisi cuaca hujan, pengguna jalan juga diimbau untuk menjaga batas kecepatan maksimal 70 km/jam,” pungkasnya.  

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #astra #infra #prediksi #juta #kendaraan #akan #melintas #ruas #merak #hingga #mojokerto #selama #periode #mudik #lebaran

KOMENTAR