Indahnya Kawasan Pantai Gunungkidul Sedot Animo Wisawatan hingga Investor
Suasana pantai di Gunungkidul saat liburan Natal dan Tahun Baru di hari pertama masih sepi pengunjung, Kamis (24/12/2020). [Kontributor / Julianto]
19:20
24 Maret 2024

Indahnya Kawasan Pantai Gunungkidul Sedot Animo Wisawatan hingga Investor

Pantai selatan Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menjadi primadona wisatawan. Kawasan sekitar pantai pun bersolek dengan sejumlah destinasi wisata baru dan fasilitas penunjang yang dikelola oleh masyarakat setempat maupun investor.

Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Gunungkidul, Asar Janjang Riyanti mengatakan bahwa sektor pariwisata itu merupakan sektor yang banyak menarik minat investor untuk menanamkan modalnya di Gunungkidul, selain sektor industri dan perdagangan.

"Dapat kita perhatikan bersama pariwisata di Gunungkidul semakin berkembang, dibarengi dengan investasi pada sektor ini baik itu perhotelan, vila, restoran dan sebagainya," kata Asar, Sabtu (23/3/2024).

Berbicara tentang kawasan pantai selatan Gunungkidul, Asar mengatakan banyak bermunculan destinasi wisata baru yang sangat menarik seperti Jungwok Blue Ocean di Kalurahan Jepitu, Kapanewon Girisubo; kemudian ada HeHa Ocean View di Pulang, Girikarto, Panggang; lalu ada Obelix Sea View di Kapanewon Purwosari, dan sebagainya.

"Nah, tentunya ini memberikan gambaran dan menunjukkan geliat investasi sektor pariwisata khususnya di pansela (pantai selatan)," ujarnya.

Asar menjelaskan, penyebab investor minat untuk investasi objek wisata di Gunungkidul di antaranya adalah Sumber Daya Alam (SDA) di Gunungkidul yang sangat menarik, unik, dan kaya akan nilai keindahannya.

"Itu daya tarik tersendiri. Kemudian dilihat dari sisi layanan perizinan khususnya di DPMPTSP dengan adanya perizinan berusaha di OSS (Online Single Submission) itu memberi kemudahan bagi para pelaku usaha yang berminat untuk berinvestasi di Gunungkidul," kata dia.

Selain itu, Pemkab Gunungkidul juga membuka ruang untuk investasi di Gunungkidul dan siap untuk memfasilitasi serta memberi kemudahan dalam perizinan. Tentunya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Jadi sektor pariwisata menjadi salah satu dari pilar pembangunan dari tiga prioritas utama untuk pilar pembangunan di Gunungkidul, dan ini memang menjadi salah satu visi yang digulirkan. Program ini tentunya mendukung untuk membantu para investor dalam melakukan investasinya jika tertarik di Gunungkidul," sebutnya.

Asar menambahkan, di Gunungkidul wisata apa pun tersedia. Misalnya wisata pantai, bukit, minat khusus, religi, hingga wisata budaya. Tentunya itu menjadi daya tarik tersendiri yang bisa meningkatkan animo wisatawan yang itu linear dengan minat para investor untuk berinvestasi menyediakan akomodasi dan investasi di destinasi wisata itu sendiri.

"Kita buat promosi juga dan layanan untuk mempermudah investor pencarian data. Kemudian tidak terlepas juga dari layanan dan program kegiatan dari pelayanan layanan satu pintunya," pungkasnya.

Editor: Yohanes Endra

Tag:  #indahnya #kawasan #pantai #gunungkidul #sedot #animo #wisawatan #hingga #investor

KOMENTAR