Presiden AS Joe Biden Telepon Prabowo Subianto: Selamat Presiden Terpilih, Saya Ingin Dekat dengan Anda!
Kolase Prabowo dan Joe Biden. [Dok.Istimewa]
14:44
23 Maret 2024

Presiden AS Joe Biden Telepon Prabowo Subianto: Selamat Presiden Terpilih, Saya Ingin Dekat dengan Anda!

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto yang menjadi Presiden RI terpilih, usai dinyatakan menang pada Pilpres 2024 oleh KPU.

Biden mengucapkan selamat lewat sambungan telepon pada Jumat (22/3/2024) malam WIB.

"Pak presiden terpilih, saya ingin memanggil Anda Pak presiden terpilih," kata Biden kepada Prabowo, dalam keterangan tertulis tim Prabowo.

Dalam video yang dibagikan, terdengar juga Biden mengungkapkan turut berbahagia melihat pencapaian Prabowo di Pilpres 2024 dan memberikan ucapan selamat atas pencapaian itu.

Ia pun menyatakan bahwa Indonesia dan AS dapat memperluas kerja sama dalam beberapa bidang seperti perdagangan, investasi, kesehatan, penghormatan terhadap hak asasi manusia, dan transisi energi bersih.

"Kita memiliki, bersama, banyak tanggung jawab terutama Pasifik dan seluruh kawasan. Jadi saya sangat ingin dekat dengan Anda," ujar Biden.

Prabowo pun mengaku sebuah kehormatan besar baginya dapat berbicara melalui sambungan telepon langsung dengan Biden. Ia mengaku telah mengikuti perjalanan karir Biden dan menjadi pengagum Biden.

"Bapak Presiden, sebuah kehormatan bisa berbicara dengan Anda," kata Prabowo.

Prabowo juga mengatakan dirinya akan berupaya meningkatkan persahabatan dan kerja sama antara Indonesia dan AS. Ia juga sempat mengungkapkan kekagumannya terhadap sosok Biden.

Sementara itu, menurut rilis Gedung Putih pada Sabtu (23/3/2024), Biden dan Prabowo memuji hubungan baik antara Indonesia dan AS yang telah terjalin selama 75 tahun berlandaskan keyakinan pada nilai-nilai yang sama, yaitu demokrasi dan pluralisme.

"Presiden Biden berjanji untuk memperluas kerja sama dengan Indonesia di bawah Kemitraan Strategis Komprehensif AS dan Indonesia dan Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik," begitu pernyataan Gedung Putih.

Presiden Biden juga berjanji kepada presiden RI terpilih untuk terus memperkuat kerja sama dengan Indonesia demi mencapai kawasan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, sejahtera, dan aman.

Diketahui, KPU telah menetapkan pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024 pada Rabu (20/3/2024) malam.

Prabowo-Gibran memperoleh 96.214.691 suara sah. Mereka pun unggul di 36 dari 38 provinsi seluruh Indonesia dan juga menang di luar negeri.

Kemudian, pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih 40.971.906 suara. Pasangan ini menang di dua provinsi, Aceh dan Sumatera Barat.

Sementara pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapat 27.040.878 suara sah. Selain itu, paslon ini tak menang di satu provinsi pun.

Berdasarkan perolehan suara itu, Prabowo-Gibran dinyatakan menang dalam satu putaran karena perolehan suaranya lebih dari 50 persen suara nasional.

Editor: Riki Chandra

Tag:  #presiden #biden #telepon #prabowo #subianto #selamat #presiden #terpilih #saya #ingin #dekat #dengan #anda

KOMENTAR