Polri Akan Cari Jalan Keluar Antisipasi Titik Rawan Banjir Untuk Kelancaran Mudik Lebaran 2024
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko. 
05:37
21 Maret 2024

Polri Akan Cari Jalan Keluar Antisipasi Titik Rawan Banjir Untuk Kelancaran Mudik Lebaran 2024

- Bencana alam seperti banjir di sejumlah daerah bisa menjadi kendala dalam pelaksanaan arus mudik maupun balik Lebaran 2024.

Terkait itu, Polri berencana enggelar rapat koordinasi (rakor) pada Senin (25/3/2024) mendatang guna membahas langkah antisipasi khususnya untuk titik-titik yang rawan banjir.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut kolaborasi dengan stakeholder terkait diharapkan bisa mendapatkan jalan keluar atas masalah tersebut.

"Iya nanti pada rapat koordinasi 25 Maret, terkait dengan beberapa titik daerah yang ada banjir akan disiapkan, apakah buffer zone, kemudian apakah disiapkan juga dengan alternatif, tentu akan dibahas pada rapat-rapat pada rakor secara lebih komperhensif dan kolaborasi," kata Trunoyudo kepada wartawan, Rabu (20/3/2024).

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini menuturkan masalah tersebut menjadi atensi pihaknya demi harapan terciptanya kenyamanan bagi masyarakat yang akan mudik.

Sebelumnya, Korlantas Polri juga telah menyiapkan sejumlah formula untuk mengantisipasi gangguan saat masa mudik Lebaran.

Cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini hingga terjadinya banjir membuat Korps Bahayangkara menyiapkan pompa air.

"Polri menyediakan pompa air dengan kapasitas besar sehingga cepat menguras air yang berada di jalan tol. Seperti di Jawa Tengah nantinya akan mencari jalur alternatif dan kita mengawal mencari jalur-jalur alternatif, sehingga aktivitas masyarakat masih beraktivitas seperti biasa," ucap Trunoyudo, Selasa (19/3/2024).

Untuk informasi, berdasarkan hasil perkembangan kaji cepat oleh BPBD Provinsi Jawa Tengah, wilayah terdampak banjir di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah meliputi 6 desa 12 kelurahan di empat kecamatan pada pekan lalu.

Banjir yang terjadi sejak Rabu (13/3/2024) tersebut merupakan banjir kiriman dari hulu Sungai Lusi di wilayah timur.

Bahkan, hingga Sabtu (16/3/2024) kemarin, banjir yang melanda wilayah Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, tercatat kian meluas.

Editor: Adi Suhendi

Tag:  #polri #akan #cari #jalan #keluar #antisipasi #titik #rawan #banjir #untuk #kelancaran #mudik #lebaran #2024

KOMENTAR