KPK Sudah Duga Bakal Banjir Bansos Jelang Pilpres 2024, Nilai Orientasi Pemilih karena Faktor Uang
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata pada acara Rapat Koordinasi Nasional Pencegahan Korupsi Daerah dan Peluncuran MCP tahun 2024, Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2024). 
13:21
20 Maret 2024

KPK Sudah Duga Bakal Banjir Bansos Jelang Pilpres 2024, Nilai Orientasi Pemilih karena Faktor Uang

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menduga bakal banjir bansos jelang Pilpres 2024.

Adapun hal itu disampaikan Alex saat berpidato pada Rapat Koordinasi Nasional Pencegahan Korupsi Daerah dan Peluncuran MCP tahun 2024, Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2024).

"Kita tidak mengkritisi apa yang terselenggara kemarin. Menjelang pilpres kemarin banjir bansos. Dan masyarakat sangat senang sekali. Kita sudah menduga hal itu pasti terjadi," kata Alex dalam pidatonya.

Kemudian dikatakan Alex sesuai dengan survei di KPK. Bahwa referensi masyarakat memilih calon anggota DPR atau pimpinan negara yakni faktor uang.

"Yang pertama faktor uang. Itu dari survei kami di KPK. Itu yang menjadi pertimbangan pertama untuk menentukan calon. Dan itu terkonfirmasi," tegasnya.

Alex lalu mencontohkan dari orang yang bekerja di rumahnya mendapatkan beberapa amplop di Pemilu 2024.

"Saya dengar dari orang yang bekerja di rumah saya dan tetangga-tetangga. Cerita dapat amplop sampai 5. Ditotal itu sampai Rp 1 juta lebih satu orang," tutur Alex.

Atas hal itu Alex menegaskan bahwa program Center for Prevention (MCP) di tahun ini. Memantau anggaran hibah dan bansos.

"Itu yang terjadi, makanya menjadi program MCP di tahun 2024 itu memantau terhadap anggaran hibah, bansos dan pokir," tegasnya.

Editor: Muhammad Zulfikar

Tag:  #sudah #duga #bakal #banjir #bansos #jelang #pilpres #2024 #nilai #orientasi #pemilih #karena #faktor #uang

KOMENTAR