Jelang Pengumuman Hasil Pemilu 2024, Polri Kerahkan 4.992 Personel Gabungan
Ilustrasi Pemilu 2024. (Dimas Pradipta/JawaPos.com)
16:56
18 Maret 2024

Jelang Pengumuman Hasil Pemilu 2024, Polri Kerahkan 4.992 Personel Gabungan

  Mabes Polri mengerahkan 4.992 personel gabungan untuk mengamankan penetapan dan pengumuman hasil Pemilu 2024. Sebab, KPU menargetkan pengumuman dan penetapan hasil Pemilu 2024 akan dilaksanakan pada Senin (18/3).    "Jumlah personel yang disampaikan pada titik pengamanan sebanyak 4.992 personel Polri, gabungan juga dengan stakeholder dan juga terdiri Satgaspus atau pusat Mabes Polri dan juga satgas daerah, yaitu Polda Metro Jaya," kata Karopenmas Divisi Humas Polri, Trunoyudo Wisnu Andiko di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat.  

  Trunoyudo mengakui, terdapat sejumlah aksi demonstrasi menjelang pengumuman hasil Pemilu 2024. Namun, situasi keamanan saat ini masih terbilang kondusif.   "Ini juga berkat seluruh elemen masyarakat bergandengan tangan bagaimana membuat suasana ini dan juga momentum bulan Ramadhan, bulan berkah," ucap Trunoyudo.   

  Ia mengutarakan, penyampaian pendapat di muka umum merupakan hak konstitusional setiap warga negara. Ia menekankan, Polri hanya bertugas mengamankan agar penyampaikan pendapat sesuai koridor aturan.   "Segala sesuatu yang mengungkapkan pendapat secara konstitusi dibolehkan. Namun demikian, secara hukum diatur, secara undang-undang diatur, maka Polri akan melakukan pengamanan sebagai koridor pengamanan," pungkasnya.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #jelang #pengumuman #hasil #pemilu #2024 #polri #kerahkan #4992 #personel #gabungan

KOMENTAR