Dikenal Selalu Buka Hingga Kiamat, Warung Madura di Bali Tutup Saat Nyepi
Warung Madura di Bali tutup saat Nyepi. [TikTok/rosytersakiti]
11:36
12 Maret 2024

Dikenal Selalu Buka Hingga Kiamat, Warung Madura di Bali Tutup Saat Nyepi

Di berbagai sudut kota, warung Madura selalu ada dan selalu buka menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari. Layaknya minimarket modern, warung yang dijalankan perantau asal Madura ini dikenal tak pernah tutup hingga kiamat karena selalu buka 24 jam dan penjualnya selalu berjaga di toko.

Namun hal yang berbeda terlihat pada warung Madura di Bali. Warung yang disebut-sebut menyaingi ritel modern seperti Indomaret dan Alfamart ini tutup saat Nyepi.

Seperti diketahui hari raya Nyepi di Bali jatuh pada tanggal 11 Maret 2023. Semua aktivitas manusia yang biasa dilakukan di luar rumah berhenti termasuk warung yang harus tutup.

Di media sosial pun beredar postingan TikTok tentang penjaga warung Madura yang menjaga warungnya saat Nyepi. Namun bedanya ia menjaga warung yang tutup.

“Cuma Bali yang bisa nutup warung Madura,” tulis unggahan @rosytersakiti di Tiktok pada senin (12/3/2024).

Disebutkan juga bahwa warung ini terletak di Denpasar. Ia memperlihatkan situasi warungnya yang tutup.

Unggahan ini pun mendapat banyak komentar dan disukai lebih dari 131,1 ribu pengguna.

“Lah iya, bukannya warung madura tutupnya pas kiamat yaa, asli merinding banget,” ujar @isel.

“hayoo gagal tu warung madura buka 25 jam,” ujar @ragahCalak.

Seperti diketahui Nyepi adalah hari raya agama Hindu yang dirayakan sebagai bagian dari tradisi Tahun Baru Saka. Biasanya, hari raya ini jatuh pada bulan Maret atau April setiap tahunnya.

Nyepi ditandai dengan periode 24 jam kesunyian mutlak di seluruh pulau Bali. Selama Nyepi, tidak ada kegiatan umum yang diizinkan, termasuk bepergian, bekerja, atau mengonsumsi makanan.

Pada hari Nyepi sendiri, seluruh aktivitas di Bali berhenti. Tidak ada lampu yang dinyalakan, tidak ada suara yang terdengar, bahkan bandara pun ditutup.

Masyarakat Bali menghabiskan hari ini dalam kesunyian, bermeditasi, berdoa, dan merenung.

Para wisatawan yang berada di Bali selama Nyepi diminta untuk menghormati tradisi ini dengan tetap berada di dalam penginapan dan tidak mengganggu ketenangan.

Editor: Eviera Paramita Sandi

Tag:  #dikenal #selalu #buka #hingga #kiamat #warung #madura #bali #tutup #saat #nyepi

KOMENTAR