Dampak Utang Sangat Besar di Akhirat, Amalkan Doa ini Agar Dimudahkan Melunasi Utang sesuai Ajaran Rasulullah
ILUSTRASI utang. ( sumber: pexels/ David McBee)
15:08
8 Maret 2024

Dampak Utang Sangat Besar di Akhirat, Amalkan Doa ini Agar Dimudahkan Melunasi Utang sesuai Ajaran Rasulullah



- Namanya kehidupan tentu akan selalu berputar. Ada kalanya kita ditimpa kemudahan rezeki dan nikmat yang besar dari Allah SWT. Namun pada kesempatan berbeda, terkadang kita mengalamai kesulitan, bahkan harus berutang ke orang atau pihak lain karena untuk keperluan satu dan lain hal.

Perlu diketahui bahwa ketika kita punya utang ke orang lain, dampaknya akan sangat besar di akhirat nanti apabila utang tersebut tidak dibayarkan.

Orang yang meninggal dalam keadaan punya utang bisa terhalang masuk surga. Bahkan sekalipun orang tersebut meninggal dalam keadaan mati syahid.

Allah tidak bisa mengampuni dosa orang yang meninggal dalam keadaan punya utang ke orang lain. Tak hanya itu, sesuai Sabda Rasulullah SAW, kebaikan-kebaikan orang yang punya utang akan diberikan kepada si pemberi utang.

Maka dari itu, jangan pernah terlintas dalam hati dan pikiran kita untuk sengaja tidak mau membayar utang mengingat dampaknya akan sangat besar di akhirat kelak. Dan ketika kita punya niat sungguh-sungguh untuk membayar utang, Allah tentu akan membantu memberikan kemudahan.

Bagi orang-orang yang masih terlilit utang, ada baiknya membaca doa yang sempat diberikan Rasulullah kepada salah satu sahabat Anshar. Dikutip dari NU Online, Jumat (8/3), Rasulullah SAW pada suatu hari pernah masuk ke masjid dan beliau melihat ada seorang laki-laki Anshar bernama Abu Umamah. Rasulullah kemudian menyapanya.

"Hai Abu Umamah, ada apa aku melihatmu duduk di masjid di luar waktu salat?," kata Rasulullah.

"Kebingungan dan utang-utangku yang membuatku begini ya Rasul," Abu Umamah menjawab.

Rasulullah kemudian kembali bertanya apakah dia bersedia diajarkan suatu bacacaan doa yang jika dibaca, Allah akan membantu menghapuskan kebingungan dan memberikan kemampuan melunasi utang. Umamah pun menjawab mau diajarkan.

Nabi Muhammad kemudian memintanya untuk mengamalkan suatu bacaan pada waktu pagi dan sore hari. Setelah mengamalkan doa tersebut, Abu Umamah memberikan kesaksian bahwa Allah ternyata benar-benar menghilangkan kebingungannya dan memberikan kemampuan padanya untuk melunasi utang.

Berikut doa dimudahkan membayar yang diajarkan Rasulullah:

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allâhumma innî a‘ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘ûdzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘ûdzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijâl.

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #dampak #utang #sangat #besar #akhirat #amalkan #agar #dimudahkan #melunasi #utang #sesuai #ajaran #rasulullah

KOMENTAR