Sri Mulyani Cerita Sempat Berhenti saat Mendaki Gunung Tidar untuk Ambil Foto, Padahal 'Ambil Napas'
Menteri Koordinator Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani di Bukit Tidar Akademi Militer, Magelang, Minggu (27/10/2024). 
08:38
28 Oktober 2024

Sri Mulyani Cerita Sempat Berhenti saat Mendaki Gunung Tidar untuk Ambil Foto, Padahal 'Ambil Napas'

- Menteri Keuangan Sri Mulyani membagikan momen saat dirinya bersama sejumlah menteri Kabinet Merah Putih menghabiskan hari Minggu di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah. 

Lewat akun Instagram pribadi miliknya @smindrawati, Sri Mulyani mengunggah sejumlah foto mendaki Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah.

"Apa acara Minggu pagimu? Minggu pagi matahari kuning merekah indah."

"Hari terakhir retreat Kabinet Merah Putih dimulai olah raga latihan peregangan jam 05.00 WIB. Para Menteri yang siap secara fisik dan berminat, diajak exercise lebih berat yaitu naik Gunung (Bukit) Tidar di belakang Akademi Militer," tulis Sri Mulyani.

"Gunung Tidar alamnya asri dan indah, merupakan tempat bersejarah yang terkenal. Gunung Tidar memiliki ketinggian 503 meter di atas permukaan laut, bahkan menjadi objek wisata spiritual. Gunung Tidar sering disebut sebagai “Pusatnya Tanah Jawa” - “PAKUNYA JAWA” - karena letaknya berada di tengah Pulau Jawa dan dianggap sebagai penyangga Pulau Jawa yang selalu menjaga kestabilan Jawa agar tidak guncang," tambah Sri Mulyani.

Sri Mulyani menuturkan cerita para jenderal dan Perwira TNI yang pernah Sekolah di Akademi Militer Magelang, saat masih menjadi Taruna.

"Mereka diwajibkan naik Gunung Tidar selama pendidikan. Bila Taruna melakukan kesalahan - mereka “dihukum” harus naik ke Gunung membawa bendera ke atas bukit di waktu subuh kemudian menancapkan bendera. ???? Pada sore hari, mereka wajib kembali naik Gunung Tidar untuk membawa turun bendera. Hal itu dilakukan selama 10 hari berturut-turut..! Waah sebuah latihan disiplin dan mental baja yang hebat dan bagus," kata Sri Mulyani.

"Kami para Menteri dan Wamen yang cukup percaya diri untuk memilih exercise naik Gunung Tidar - menyiapkan mental dan fisik. ???? Namun sekarang untuk mendaki sudah dibangun tangga semen, meski masih cukup curam tinggi. Kami juga diberikan bekal stick bambu untuk membantu naik," ujarnya. 


Sri Mulynai menghabiskan waktu tempuh naik Gunung Tidar kurang lebih 30 menit.

"Saya berhenti di salah satu spot 72- alasan untuk ambil foto di tengah tanjakan, tapi sebenarnya sambil ambil napas…agak ngos-ngosan," tulis Sri Mulyani.

Sementara itu, Sri Mulyani membagikan kisah bahwa Menteri Koordinator Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono atau yang akrab disapa AHY hanya membutuhkan waktu kurang dari 20 menit.

Gunung Tidar Gunung Tidar (GMaps/Jauharun Niam)

"Bagi yang usianya lebih muda seperti Mas @agusyudhoyono, waktu tempuh kurang 20 menit….! Woow….hebaat..! Beda usia….pasti beda kecepatan namun kualitas capaian dijamin tetap sama. Di puncak bukit, kami melakukan yel-yel penyemangat…! Team work Kabinet Merah Putih. Semoga Minggu kalian juga sehat dengan olah raga..! Ayo semangaaat..! Gunung Tidar, 27 Oktober 2024," tulis Sri Mulyani.

Dalam unggahan itu, AHY menyematkan komentar. 

"Hehehe.. terima kasih Bu Menkeu. Sehat-sehat untuk kita semua!" tulis AHY

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono juga menjadi salah satu orang yang turut mendaki Lembah Tidar. 

Kira-kira kata dia, ada sekitar setengah jajaran Kabinet Merah Putih yang ikut mendaki.

Ada pula yang memilih melihat-lihat paviliun tempat Presiden Prabowo saat menjadi taruna, dan ada pula yang yoga. 

"Ada yang main voli dan seterusnya. Jadi hari ini setelah makan pagi olahraga; setelah olahraga, olahraga senam. Setelahnya, olahraga mandiri, habis itu persiapan untuk makan dan perpisahan walaupun hari Senin sudah kerja lagi," kata Sudaryono di depan gerbang Akmil Magelang sebelum pulang. 

Ia menyebut, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Rakabuming tidak naik ke Lembah Tidar lantaran memiliki agenda pribadi, mengingat agenda pagi kemarin terkesan bebas. 

Menurutnya, rombongan yang menaiki Lembah Tidar sukses mendaki hingga ke puncak. 

"Memang banyak yang ke Lembah Tidar. Gunung Tidar ini mitosnya pakunya Jawa, jadi ya kemudian banyak mitos dipaku, kemudian sanderanya Akmil. Jadi orang tuh pada penasaran, dan saya kira banyak yang puas sampai ke puncak semua. Jadi enggak ada yang gagal," jelasnya.(Tribun Network/why/wly)

Editor: Dewi Agustina

Tag:  #mulyani #cerita #sempat #berhenti #saat #mendaki #gunung #tidar #untuk #ambil #foto #padahal #ambil #napas

KOMENTAR