Panglima sebut TNI Akan Gelar 41 Operasi Tahun Ini, 2.514 Prajurit Jaga Kedamaian Negara Konflik
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi sejumlah para Perwira Tinggi TNI meninjau pasukan pada apel gelar kekuatan TNI untuk pengamanan Pemilu 2024 di Lapangan Taxy Way Echo Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (1/2/2024). (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)
16:40
28 Februari 2024

Panglima sebut TNI Akan Gelar 41 Operasi Tahun Ini, 2.514 Prajurit Jaga Kedamaian Negara Konflik

 

- Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto melaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa jajarannya akan menggelar sejumlah operasi di dalam negeri tahun ini. Operasi ini pun beragam tujuan dan jenisnya.

 

"Kami laporkan bahwa tahun 2024 ini TNI menyelenggarakan 41 jenis operasi dalam negeri dengan melibatkan 31.447 prajurit TNI," kata Agus dalam Rapim TNI-Polri di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2).

Selain itu, TNI juga mencatat ada ribuan prajuritnya yang bertugas ke luar negeri. Mereka ditugaskan terlibat dalam memlihara perdamaian di negara konflik. "Terdapat 2.514 prajurit TNI yang menjalankan peran diplomasi militer di dunia internasional sebagai bagian dari pasukan pemeliharaan perdamaian dunia seperti Unifil di Lebanon, Monusco di Kongo, dan beberapa negara konflik lainnya di dunia, hal ini menunjukkan tingginya kepercayaan dunia internasional kepada Indonesia," jelas Agus.

Lebih lanjut, mantan KSAD ini menekankan pentingnya memperhatikan kesejahteraan prajurit setelah melihat pengabdian mereka. Oleh karena itu, Agus ingin kembali menaikan tunjangan kinerja untuk prajurit.

"Selanjutnya dapet kami laporkan bahwa TNI berupaya meningkatkan tunjangan kinerja menjadi 80 persen. Kami sudah berkoordinasi dengan menteri PANRB dan Bappenas untuk dapat memberikan rekomendasi bagi TNI dalam rencana kenaikan tunjangan kinerja tersebut," ungkap dia. (*)

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #panglima #sebut #akan #gelar #operasi #tahun #2514 #prajurit #jaga #kedamaian #negara #konflik

KOMENTAR