Pamer Sowan ke Wapres Maruf Amin, AHY Malah Disentil Video Kritik Food Estate
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Wapres Maruf Amin. [X/@AgusYudhoyono]
10:16
26 Pebruari 2024

Pamer Sowan ke Wapres Maruf Amin, AHY Malah Disentil Video Kritik Food Estate

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/BPN menggantikan Hadi Tjahjanto yang menjadi Menkopolhukam.

AHY pun belakangan kerap membagikan aktivitasnya di media sosial X. Salah satunya momen dirinya menemui Wakil Presiden Maruf Amin belum lama ini. 

"Sore ini berkesempatan sowan sekaligus berdiskusi langsung dengan Wakil Presiden pak @Kiyai_MarufAmin. Beliau menyampaikan bahwa saat ini, masih banyak persoalan-persoalan Agraria & Tata Ruang di berbagai daerah," cuit Ketua Umum Partai Demokrat itu lewat akun @AgusYudhoyono, Sabtu (24/2/2024).

AHY membagikan dua foto dirinya bersama Wakil Presiden. Ia pun mengaku mencatat semua wejangan dari Wapres Maruf Amin untuk solusi pekerjaannya sebagai Menteri ATR/BPN.

"Saya juga mencatat seluruh nasihat & wejangan beliau, Untuk terus berupaya menghadirkan solusi yang tepat dalam kerja-kerja kementerian ATR. Terima kasih banyak pak Kyai," sambungnya.

Unggahan AHY lantas diserbu komentar beragam dari warganet. Ada yang menyinggung dengan video saat AHY mengkritik Food Estate hingga ada juga yang menanyakan kasus tanah Rempang di Kepulauan Riau (Kepri).

"Bukan maen jilatan sampean." tulis netizen sembari menyertakan potongan video AHY yang mengkritik program Food Estate.

"Gus, ngasih sertifikat jangan pilih pilih, bantu jokowi tuntaskan janjinya mau ngasih sertifikat masyarakat rempang." ungkap warganet.

"Masyarakat kelas bawah diberi umpan sertifikat tanah agar bisa dijaminkan ke bank utk kebutuhan konsumerisme. Saat kredit macet, sertifikat tanah dilelang dan dibeli orang berduit. Begitulah cara negara merampas tanah rakyat. Entah untuk kepentingan siapa sistem ini dibuat." sahut yang lain.

Diketahui, AHY resmi dilantik menjadi Menteri ATR/BPN oleh Presiden Jokowi pada Rabu (21/2/2024). Setelah dua periode kepemimpinan Jokowi, akhirnya Demokrat bergabung di Kabinet Indonesia Maju. 

Sebelumnya, partai berlambang mercy ini menjadi oposisi selama pemerintahan Jokowi. Merapatnya AHY bersama Demokrat ke Jokowi mendapat sorotan tajam sejumlah. 

Bagaimana tidak, partai yang selama ini berada di luar pemerintahan akhirnya bersama di kabinet menteri.

Seiring dengan itu, beredar potongan video menampilkan putra mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu mengkritik program Jokowi yakni, Food Estate.

Dalam video yang dibagikan akun X @nialubis_ pada Rabu (21/2/2024), AHY menyebut jika program Food Estate dilakukan grusa-grusu. Padahal banyak akademisi dan aktivis mengkritik kebijakan tersebut.

"Banyak program pemerintah dilakukan grusa-grusu dan kurang perhitungan. Apa kabar program Food Estate. Banyak akademisi pertanian dan aktivis lingkungan mengkritik kebijakan Food Estate ini,” katanya dalam video, dikutip Kamis (22/2/2024).

Editor: Eko Faizin

Tag:  #pamer #sowan #wapres #maruf #amin #malah #disentil #video #kritik #food #estate

KOMENTAR