Kantor Komunikasi Kepresidenan soal Retreat Kabinet di Magelang: Ada 180 Tenda dan 7 Tenda Pendukung
Para Menteri Kabinet Prabowo-Gibran berpose di dalam pesawat Hercules saat berangkat ke Magelang, Jawa Tengah, Kamis (24/10/2024). Tenaga Ahli Utama Kantor Komunikasi Kepresidenan, Dedek Prayudi, mengungkapkan situasi jelang pembekalan menteri di Magelang, Jawa Tengah. 
17:47
24 Oktober 2024

Kantor Komunikasi Kepresidenan soal Retreat Kabinet di Magelang: Ada 180 Tenda dan 7 Tenda Pendukung

- Tenaga Ahli Utama Kantor Komunikasi Kepresidenan, Dedek Prayudi, mengungkapkan situasi jelang pembekalan menteri dan wakil menteri (wamen) di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Kamis (24/10/2024).

Dedek mengatakan, pada hari ini praktis tak akan ada agenda khusus setibanya para anggota Kabinet Merah Putih tiba di Magelang.

"Nanti agenda itu baru dimulai esok hari," ucap Dedek dikutip dari tayangan Breaking News di Kompas TV, Kamis.

Dedek lantas menjelaskan tujuan utama diselenggarakannya retreat di Magelang ini.

"Adalah untuk membangun soliditas, untuk membangun tim building, untuk mengikis sekat-sekat psikologis di antara anggota kabinet," ujarnya.

Serta, ucapnya, untuk membangun persatuan sebagaimana yang digaungkan oleh Presiden Prabowo Subianto.

Selain itu, Dedek berujar bahwa tenda yang akan dipakai oleh menteri dan wamen letaknya berdekatan dan saling berhadap-hadapan.

"Dan di depan tenda itu ada teras-teras untuk duduk-duduk, jadi memang di sini diharapkan tidak hanya hubungan kerja yang dibangun, tapi juga ikatan emosional antara anggota-anggota kabinet." 


"Dari yang saya catat tadi ada 180 tenda dan tujuh tenda pendukung. Tujuh tenda pendukung di sini termasuk, yang diperhatikan juga di dalam retreat ini adalah aspek kesehatan," terangnya.

Menurut Dedek, tenda ICU dilengkapi fasilitas kesehatan, termasuk kasur dan alat-alat pengecekan yang lengkap.

"Dan ada juga saya lihat di sini, fasilitas ini dibagi ke dalam lima cluster yang di mana lima cluster itu dibagi dalam 9-14 grup."

"Antara lain, di sini ada ruang makan, ada ruang kelas, ada ruang pengarahan, ada masjid untuk beribadah, juga ada tenda sekretariat, dan lain-lain," bebernya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi berujar, Presiden Prabowo Subianto akan menggembleng para menteri selama di Akmil, Magelang.

Meski begitu, Hasan mengingatkan supaya para anggota Kabinet Merah Putih tak takut dengan kegiatan ini.

Pasalnya, ini bukan ospek atau militerisme, melainkan kegiatan untuk kebersamaan

"Tadi Bapak Presiden juga menyampaikan bahwa besok akan ada kegiatan di Magelang untuk menggembleng para menteri, tapi beliau bilang, 'Tidak usah takut ini bukan ospek atau militerisme, ya'," ucap Hasan Nasbi di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (23/10/2024). 

Ia menjelaskan, kegiatan di Magelang untuk membangun kebersamaan dan koordinasi antar-kementerian.

"Ini untuk kebersamaan-keguyuban untuk melakukan team building dan untuk melakukan koordinasi-koordinasi antar-kementerian dan lembaga," terangnya.

Ia lantas menjelaskan alasan mengapa pembekalan menteri Kabinet Merah Putih dilaksanakan di Magelang.

"Kenapa dilaksanakan di Magelang? Karena ini juga salah satu simbol perjuangan, ya, simbol heroisme di sana dan ini memang kita harus patriotik."

"Oleh karena itu, memang kabinetnya dinamakan sebagai Kabinet Merah Putih karena patriotisme harus menjadi inti dari perjuangan kabinet ini," tuturnya.

Sebagai informasi, pembekalan menteri dan wakil menteri akan berlangsung mulai Kamis (24/10/2024) hingga Minggu (27/10/2024).

 (Tribunnews.com/Deni)

Editor: Tiara Shelavie

Tag:  #kantor #komunikasi #kepresidenan #soal #retreat #kabinet #magelang #tenda #tenda #pendukung

KOMENTAR