Direktur Eksekutif Indo Barometer Soroti Karier AHY Usai Dilantik Jadi Menteri ATR/BPN oleh Jokowi
Agus Harimurti Yudhoyono. (Instagram/@Agusyudhoyono)
21:32
21 Februari 2024

Direktur Eksekutif Indo Barometer Soroti Karier AHY Usai Dilantik Jadi Menteri ATR/BPN oleh Jokowi

 

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum Partai Demokrat, baru saja dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) sekaligus Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (21/2/2024). 

Jabatan ini dianggap sebagai langkah tepat karir AHY di pemerintahan oleh Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari, dilansir dari Antara News, Rabu (21/2).

Menurut Qodari, AHY membutuhkan pengalaman di pemerintahan untuk melengkapi modalnya sebagai calon pemimpin nasional. 

Selama ini, AHY hanya memiliki dua P, yaitu penampilan dan partai politik, yang belum cukup untuk memberikan keyakinan kepada publik.

“Jika AHY ingin menjadi presiden atau wakil presiden, harus memiliki 3P, yakni penampilan, partai politik dan pengalaman," ujar Qodari.

“Nah latar belakang karier militer, disebut sebagai mayor tidak cukup memadai untuk memberikan keyakinan kepada publik, bahwa dia punya pengalaman yang cukup di pemerintahan,” ungkap Qodari dalam keterangan tertulisnya.

Dengan menjadi menteri, AHY sudah memenuhi kekurangan P yang ketiga, yaitu pengalaman.

Qodari menilai jabatan menteri ATR/BPN sangat cocok untuk AHY, karena memiliki interaksi yang luas dengan masyarakat dan dapat membantu mereka dalam hal pertanahan.

“Sebetulnya ini kementerian yang sangat menarik karena interaksinya dengan masyarakat sangat luas, dan dapat menjangkau atau membantu masyarakat dalam skala yang sangat besar khususnya berkaitan dengan proses sertifikasi,” jelas Qodari.

Qodari berharap AHY dapat menjadi menteri berprestasi, mampu menjalankan tugas dengan target yang telah diberikan Presiden Jokowi dan memenuhi harapan atau membantu masyarakat khususnya pada bidang pertanahan.

Qodari juga mengatakan bahwa dengan diangkatnya AHY sebagai menteri, hal ini menjadi lembaran baru atau sebuah pintu pembuka yang strategis untuk masa depan Partai Demokrat. 

Ia berharap Partai Demokrat dapat bersinergi dengan pemerintah dan mendukung program-program yang pro rakyat.

“Ini merupakan langkah politik yang sangat tepat bagi AHY dan Partai Demokrat, karena memang selama ini yang kurang dari AHY itu adalah variabel pengalaman yang bisa menjadi dasar bagi dia untuk melangkah ke karier politik dan jenjang selanjutnya,” kata Qodari.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #direktur #eksekutif #indo #barometer #soroti #karierahy #usai #dilantik #jadi #menteri #atrbpn #oleh #jokowi

KOMENTAR