Kekayaan Hadi Tjahjanto Capai Rp 22 Miliar, Intip Deretan Aset Menteri yang Gantikan Mahfud MD sebagai Menko Polhukam
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto. (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)
20:48
21 Pebruari 2024

Kekayaan Hadi Tjahjanto Capai Rp 22 Miliar, Intip Deretan Aset Menteri yang Gantikan Mahfud MD sebagai Menko Polhukam

 

 


Sosok Hadi Tjahjanto yang dikenal sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) kini diangkat menjadi Menko Polhukam.

Lajutkan kinerja Mahfud MD yang mundur pada Februari 2024 lalu, kini Hadi Tjahjanto resmi menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) usai dilntik Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2).

Berganti posisi di Menko Polhukam beragam sisi dari Hadi Tjahjanto terus disorot tak terkecuali harta kekayaannya.

Menelisik harta kekayaan Hadi Tjajanto, dalam laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN), ia terakhir kali melaporkan kekayaanya pada 27 Maret 2023.

Melalui laman e-lhkpn.kpk.go.id yang diakses pada Rabu (21/2), Hadi Tjajanto tercatat mempunyai harta sebesar Rp 22,8 miliar.

Selain itu, ia juga tercatat memiliki lima bidang tanah dan bagunan dengan nilai total mencapai Rp 6,9 miliar. Tanah dan bangunan milik Hadi itu tersebar di Malang, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

Lebih lanjut Hadi juga memiliki tiga unit mobil, yakni Toyota Kijang, Toyotta Kijang Innova, dan Honda CR-V serta satu unit sepeda motor. Seluruh kendaraan pribadi milik Hadi Tjahjanto itu ditaksir senilai Rp 486,4 juta.

Tak sampai disitu saja, Hadi Tjahjanto juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 1,9 miliar, surat berharga senilai Rp 3 miliar, serta kas dan setara kas senilai RP 10,48 miliar.

Dalam LHKPN itu, Hadi pun mengaku tidak mempunyai utang. Dengan demikian, total harta kekayaan yang dimiliki Hadi Tjahjanto sebesar Rp 22.844.574.594.

Bersamaan dengan pelantikannya, Presiden Jokowi juga menunjuk Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Menggantikan posisi Hadi Tjahjanto, Pelantikan terhadap AHY juga digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2).

Sebagai informasi, Hadi dan AHY dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 34/P Tahun 2024, tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara, Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kekayaan #hadi #tjahjanto #capai #miliar #intip #deretan #aset #menteri #yang #gantikan #mahfud #sebagai #menko #polhukam

KOMENTAR