Bakal Cetak Sejarah Gabung Koalisi Jokowi, Ini Profil AHY Calon Menteri ATR/BPN
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat berpidato di Konsolidasi Internal Partai Demokrat Sumatera Utara di Regale International Convention Center, Rabu (27/12/2023). (Dok. Demokrat)
09:32
21 Februari 2024

Bakal Cetak Sejarah Gabung Koalisi Jokowi, Ini Profil AHY Calon Menteri ATR/BPN

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) digadang-gadang bakal segera dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri ATR/BPN. Pelantikan dijadwalkan para Rabu (21/2/2024) hari ini pukul 11.00 WIB nanti.

Kabar bakal dilantiknya AHY santer sejak Selasa kemarin, dia disebut bakal menggantikan posisi Hadi Tjahjanto yang di saat bersamaan disebut bakal digeser untuk mengisi posisi Menkopolhukam.

Meski demikian, Presiden Jokowi meminta publik untuk menanti keputusannya apakah ia bakal mengangkat AHY atau tidak dan akan diumumkan Rabu (21/2/2024) hari ini.

"Besok (hari ini) ditunggu saja jam 10," kata Jokowi di Ancol, Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Di sisi lain, Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengungkapkan, AHY sudah siap menerima panggilan negara tersebut.

Dia bilang, Jokowi tentu tak salah pilih ketika hendak melantik AHY jadi menterinya. Sebab, rekam jejak AHY sudah tidak diragukan lagi.

Profil AHY

AHY, Ketum Partai Demokrat ketika kampanye ke Jogja. [Hiskia Andika Weadcaksana/Suarajogja.id]AHY, Ketum Partai Demokrat ketika kampanye ke Jogja. [Hiskia Andika Weadcaksana/Suarajogja.id]

Agus Harimurti Yudhoyono atau biasa dipanggil AHY, tentu sudah tak asing. Ia adalah putra Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). AHY lahir pada 10 Agustus 1978 di Bandung, Jawa Barat.

AHY juga memiliki sosok adik yang juga menjadi politisi Demokrat yakni Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas.

Adapun sosok Ketua Umum Partai Demokrat ini menikahi sosok artis, Annisa Pohan sejak 2005 silam. Keduanya dianugerahi seorang putri semata wayang bernama Almira Tunggadewi Yudhoyono.

Alumnus Harvard

AHY memulai kariernya di militer dengan menempun pendidikan di Akademi Militer (Akmil). Ia lulus Akmil dan meraih Bintang Adi Makayasa pada bulan Desember 2000 sebagai lulusan terbaik.

Tak cukup dengan pendidikannya di militer, AHY juga mengambil pendidikan sipil. Tercatat, AHY merupakan tamatan perguruan tinggi bergengsi di dunia yakni Harvard University.

AHY berhasil mengantongi gelar Master in Public Administration dari Harvard sekaligus Master of Science in Strategic Studies dari Universitas Teknologi Nanyang, Singapura.

Terakhir, AHY melengkapi pendidikannya di Webster University, Amerika Serikat.

Pernah Terjun Langsung Saat Konflik Aceh

Sebelum berkarier sebagai politisi Partai Demokrat, AHY mengabdi di TNI selama kurang lebih 16 tahun. Pangkat terakhirnya adalah Mayor Infanteri.

AHY juga sempat terjun langsung saat konflik Aceh sebagai Komandan Peleton di Batalyon Infanteri Lintas Udara 305/Tengkorak yang ditugaskan dalam Operasi Pemulihan Keamanan.

Putra SBY ini juga pernah ditugaskan ke luar negeri untuk menjaga keamanan di perbatasan Israel dan Libanon Selatan.

Berikut sederet posisi yang pernah diemban AHY di militer:

  1. Komandan Peleton III/C Batalyon Infanteri Lintas Udara 305/Tengkorak,
  2. Kepala Seksi Operasi Batalyon Infanteri Mekanis Kontingen Garuda XXIII-A,
  3. Kepala Seksi 2/Operasi Brigade Infanteri Lintas Udara 17/Kujang I Kostrad,
  4. Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kemuning.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #bakal #cetak #sejarah #gabung #koalisi #jokowi #profil #calon #menteri #atrbpn

KOMENTAR