Partai NasDem Sulsel Raih Kursi Terbanyak, Mulai dari Tingkat DPRD Kabupaten Kota, DPRD Provinsi, hingga DPR RI di Pemilu 2024
Gambar saat konferensi pers hasil rekapitulasi internal untuk Pemilu 2024 di Kantor DPW NasDem Sulawesi Selatan (antaranews.com)
06:32
21 Februari 2024

Partai NasDem Sulsel Raih Kursi Terbanyak, Mulai dari Tingkat DPRD Kabupaten Kota, DPRD Provinsi, hingga DPR RI di Pemilu 2024

- NasDem atau Partai Nasional Demokrat, Sulawesi Selatan (Sulsel) meraih kursi terbanyak yang tersebar pada semua Daerah Pemilihan (Dapil).

Khususnya di tingkat DPRD kabupaten kota, DPRD provinsi, dan DPR RI di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dilansir dari antaranews.com, hal tersebut didasarkan pada hasil rekapitulasi internal, yang berdasar pada formulir C1 Plano atau C hasil dari Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Pemilu kali ini tahun 2024 sangat menggembirakan. Mulai dari tingkatan DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten kota terisi semua” ujar Sekretaris DPW Partai NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif di Makassar, Selasa (20/2).

Selain itu, Syaharuddin Alrif bersyukur atas peningkatan yang terjadi, dari tahun 2019 yang lalu.

Syaharuddin Alrif juga menjelaskan bahwa Partai NasDem telah ikut sebanyak tiga kali di pemilu, mulai dari 2014, 2019, dan 2024.

Tahun 2014, NasDem memperoleh tujuh kursi DPRD provinsi, mengalami kenaikan menjadi 12 kursi di tahun 2019, dan mendapatkan 17 hingga 18 kursi di tahun 2024.

Meningkatnya perolehan tersebut merupakan lompatan kinerja, lompatan kekompakan, kebersamaan antara pengurus NasDem Sulsel, sehingga dapat meraih kursi yang banyak, menurut Syaharuddin Alrif.

"Kalau berhasil tembus 17 sampai 18 kursi di DPRD Sulsel, NasDem ke depan sudah bisa mengusung calon gubernur sendiri untuk Pilkada bupati wali kota dan Pilgub 2024 yang akan datang" jelas Syaharuddin Alrif.

Tetapi, pihaknya tidak ingin mendahului hasil penghitungan yang dikeluarkan secara resmi oleh KPU.

Sedangkan penghitungan dari internal Partai NasDem, telah mengklaim bahwa partainya memenangkan perolehan kursi, serta suara terbanyak di Pemilu 2024.

Ridwan Djabir sebagai Wakil Ketua Bidang Hubungan Eksekutif NasDem Sulsel, menyatakan bahwa data Formulir C1 atau C hasil perhitungan pihak internal, sudah masuk perolehan kursi tingkat DPR RI.

Perolehan tersebut, tersebar di tiga Dapil di Pemilu 2024, yang diproyeksikan mendapat lima hingga enam kursi, dari total 24 kursi DPR RI Dapil Sulsel yang diperebutkan.

"Pemilu 2019 lalu kursi NasDem di tingkat DPR RI empat kursi, dan naik menjadi enam kursi di Pemilu 2024. Sedangkan untuk DPRD provinsi dari 12 kursi menjadi 17 sampai 18 kursi” ujar Ridwan Djabir.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa, pada DPRD kabupaten kota sebelumnya 120 kursi, sedangkan pada Pemilu 2024, mengalami kenaikan dan menjadi 152 kursi, yang tersebar di DPRD 24 kabupaten kota.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #partai #nasdem #sulsel #raih #kursi #terbanyak #mulai #dari #tingkat #dprd #kabupaten #kota #dprd #provinsi #hingga #pemilu #2024

KOMENTAR