Prabowo Tampil Buruk di Debat Capres 2024 Ketiga, Connie: Saya Mau Nangis Lihatnya
Connie Rahakundini Bakrie saat ngobrol di Abraham Samad Speak Up. [Abraham Samad Speak Up/YouTube]
19:32
11 Januari 2024

Prabowo Tampil Buruk di Debat Capres 2024 Ketiga, Connie: Saya Mau Nangis Lihatnya

Debat capres 2024 ketiga masih hangat dibicarakan hingga kini, pengamat bidang militer Connie Rahakundini Bakrie salah satunya menyoroti soal sosok Prabowo Subianto yang babak belur di momen tersebut. 

Diketahui dalam debat capres 2024 ketiga, tema utama yang diusung sebagai materi yakni bidang pertahanan. Prabowo Subianto yang menjabat sebagai Menhan diprediksi mampu mengatasi dua kandidat capres lainnya mengingat ia sudah pengalaman 4 tahun menangani masalah pertahanan.

Tapi hal mengejutkan terjadi kala Prabowo Subianto justru dibuat tak berdaya menghadapi serangan sejak menit awal debat dimulai. 

Connie mengamati, Prabowo Subianto sudah kalah sebelum bertempur. 

Menurut pengamatannya saat debat capres, Prabowo terlihat tak siap saat masuk ke panggung debat. 

Apalagi setelah itu ia langsung mendapat seragan darat dari Anies Baswedan.

"beliau dari mulai masuk itu terlihat tidak siap, mukanya terlihat beda. Beda dengan Ganjar yang terlihat keren dengan kostumnya top gun. Kayanya panggung itu dalam sekejap sudah dipegang ini," ungkapnya seperti dikutip dari channel Youtube Abraham Samad SPEAK UP, Kamis (11/1/2024). 

"Yang saya ngga sangka itu kawan kita capres yang satunya itu ketika langsung menghantam di babak pertama. Saya kira Pak Prabowo itu hilang semua memorinya atau pemahamannya ketika emosinya melonjak. Kelihatan sekali briefingnya soal materi pertahanan ngga ada yang nyangkut gitu loh," lanjutnya. 

Connie mengaku kaget bahkan merasa nyaris nangis lihat kondisi Prabowo kala di debat capres malam itu. 

Ia melihat Prabowo seperti tak kuat menyimpan beban yang begitu berat.

"Saya itu sampe kaget, ada satu titik saya mau nangis lihatnya karena takut lihat beliau mau jatuh, karena liat mukanya getir ya, antara marah dan sedih karena ada beban. Saya kira saya aja yang rasakan ternyata ngga lho," ungkapnya. 

Ia pun menyebut aura Prabowo begitu berbeda kala setelah acara debat capres terutama saat bertemu para relawan di acara internal justru terlihat semangat sekali.

"Beda sekali lhoh. Dibandingkan dengan acara setelahnya di acara internal dia beda sekali terlihat semangat sekali," katanya. 

Prabowo sendiri memang jadi sorotan seusai debat capres 2024 ketiga. 

Namanya menjadi yang paling buruk diantara kedua capres lainnya secara performa. 

Berdasarkan hasil survei Litbang Kompas yang melibatkan 210 responden terkait cara menjawab, penguasaan masalah dan penampilan di panggung, Prabowo Subianto berada di urutan paling buncit. 

Pada survei yang berlangsung 7 Januari 2024 pukul 19.30-22.00 WIB itu diketahui Prabowo Subianto kalah di semua aspek baik itu cara menjawab, penguasaan masalah hingga penampilan di panggung.

Untuk soal menjawab pertanyaan urutan pertama Anies Baswedan disusul Ganjar Pranowo yang sama-sama meraih skor 7,4. Sementara Prabowo di urutan ketiga meraih skor 6,9. 

Pada aspek penguasaan masalah, Ganjar Pranowo unggul dengan skor 7,4, disusul Anies Baswedan 7,2 dan Prabowo Subianto 6,9. 

Kemudian di aspek ketiga yakni soal penampilan kandidat, Anies di urutan pertama 7,9, disusul Ganjar Pranowo 7,8 dan Prabowo Subianto dengan skor 7,1. 

Editor: Galih Priatmojo

Tag:  #prabowo #tampil #buruk #debat #capres #2024 #ketiga #connie #saya #nangis #lihatnya

KOMENTAR