Mengintip Harta Kekayaan Taufik Hidayat, Olimpian yang Dilantik Prabowo jadi Wakil Menpora di Kabinet Merah Putih
Mantan atlet nasional bulu tangkis Taufik Hidayat menyapa wartawan setibanya di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2024). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
16:16
21 Oktober 2024

Mengintip Harta Kekayaan Taufik Hidayat, Olimpian yang Dilantik Prabowo jadi Wakil Menpora di Kabinet Merah Putih

 

- Mantan pebulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat resmi menjadi Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga (Wamenpora) RI, dalam kabinet Merah Putih periode 2024-2029. Dia sudah dilantik untuk mendampingi Menpora Dito Ariotedjo selama lima tahun ke depan.

Taufik Hidayat bukanlah sosok asing di dunia olahraga. Namanya bahkan sudah dikenal luas karena dia merupakan salah satu legenda hidup olahraga Indonesia dan dunia, terutama di bulu tangkis.

Sebelum pensiun pada Juni 2013, Taufik Hidayat dikenal sebagai pebulutangkis tunggal putra yang pernah meraih banyak prestasi. Koleksi medali emas dan juaranya lengkap dari tingkat nasional hingga dunia.

Prestasi paling mengagumkan dan tak bisa dilupakan oleh segenap bangsa Indonesia dari seorang Taufik Hidayat adalah dia berhasil meraih medali emas Olimpiade Athena 2004. Itu jadi emas terakhir yang diraih tunggal putra di ajangn olimpoade hingga saat ini.

Di luar itu, Taufik Hidayat pernah menajdi juara dunia sekali pada 2005, setahun setelah meraih emas Olimpiade di Athena. Menantu Agum Gumelar itu juga pernah merasakan tempat sebagai pebulutangkis tunggal nomor satu dalam peringkat BWF.

Nah sepanjang kariernya selama kurang lebih 15 tahun di level profesional tersebut, Taufik Hidayat masuk dalam deretan atau daftar pebulutangkis terkaya di dunia. Itu pernah diungkapkan oleh kanal YouTube Rich Verse pada 2022 lalu.

Harta kekayaan Taufik Hidayat selama berkarier sebagai pebulutangkis tunggal putra profesional diperkirakan mencapai USD11 juta. Jika dikonversi ke rupiah, maka kekayaannya sekitar Rp171 miliar.

Selain itu, Taufik Hidayat juga sempat memiliki bisnis yang dijalani bersama sang istri. Dia mendirikan beberapa usaha, salah satunya membangun Taufik Hidayat Arena (THA), sebuah pusat olahraga yang berlokasi di Ciracas, Jakarta Timur.

Taufik Hidayat Arena itu dibangun di atas lahan seluas 6.600 meter persegi dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas olahraga. Dia juga sempat berkolaborasi dengan YONEX dalam proyek YONEX Legend Vision bersama tiga legenda bulu tangkis dunia lainnya seperti Lin Dan, Lee Chonh Wei, dan Peter Gade.

Selain itu, Taufik Hidayat juga sempat dilaporkan memiliki aset lain berupa rumah mewah dengan halaman yang luas. Rumah itu dilengkapi dengan berbagai fasilitas olahraga.

Taufik Hidayat juga sempat merasakan jadi staf khusus Kemenpora RI pada periode 2017-2018. Saat itu Menpora RI dijabat oleh Imam Nahrawi. Namun setelah itu dia meninggalkan Kemenpora dan hanya mencoba Pemilu 2024 sebagai calon anggota DPR RI lewat daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat II dari Partai Gerindra. Namun, Taufik gagal lolos ke Senayan.

Hingga kini tak diketahui pasti harta dan kekayaan Taufik Hidayat. Sebab dia belum mencantumkan harta kekayaannya dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Editor: Kuswandi

Tag:  #mengintip #harta #kekayaan #taufik #hidayat #olimpian #yang #dilantik #prabowo #jadi #wakil #menpora #kabinet #merah #putih

KOMENTAR