KLHK Dimekarkan Jadi Kementerian Kehutanan dan Kementerian LH, Menteri Hanif Faisol Nurofiq Jamin Layanan Berjalan Normal
Menteri Lingkungan Hidup Hanif Fasiol Nurofic.( Istimewa)
08:08
21 Oktober 2024

KLHK Dimekarkan Jadi Kementerian Kehutanan dan Kementerian LH, Menteri Hanif Faisol Nurofiq Jamin Layanan Berjalan Normal

- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) resmi dipisah menjadi dua kementerian baru. Yaitu, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) atau Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) dan Kementerian Kehutanan (Kemenhut).

Pemisahan itu diumumkan Presiden Prabowo Subianto di Jakarta pada Minggu (20/10) malam, sekaligus pengumuman nama-nama menteri dan wakil menteri.

Bersamaan dengan diumumkannya kelembagaan itu sendiri, Presiden Prabowo juga mengumumkan secara resmi Menteri Lingkungan Hidup dalam susunan kabinet Merah Putih. Prabowo menunjuk Hanif Faisol Nurofiq sebagai Menteri Lingkungan Hidup. Hanif sebelumnya merupakan Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Perubahan kelembagaan memang akan diikuti dengan proses transisi," kata Hanif dalam keterangannya Minggu (20/10).

Meskipun begitu, dia memastikan pelayanan publik di kementerian akan tetap berjalan sesuai peraturan yang ada. Masyarakat dapat mengakses layanan seperti biasa. "Tanpa harus kuatir akan adanya gangguan," tambah Hanif.

Dalam bekerja nanti, Hanif akan dibantu Wakil Menteri Lingkungan Hidup Diaz Faisal Hendropriyono.

Sebelumnya menurut Presiden Prabowo, pemisahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Kehutanan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi. Serta meningkatkan fokus dalam pelaksanaan tugas serta fungsi masing-masing kementerian. Kementerian Lingkungan Hidup (KLH)/Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) dibentuk sebagai upaya yang lebih responsif, strategis, dan fokus dalam menghadapi tantangan kondisi kualitas lingkungan dan efek perubahan iklim.

Kelembagaan ini diharapkan mampu mendukung visi Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045 yang menjadi pilar pembangunan berkelanjutan di Indonesia. KLH diharapkan menjadi garda depan implementasi ekonomi hijau. Serta memastikan kebijakan investasi pembangunan di Indonesia memenuhi prinsip keberlanjutan. 

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #klhk #dimekarkan #jadi #kementerian #kehutanan #kementerian #menteri #hanif #faisol #nurofiq #jamin #layanan #berjalan #normal

KOMENTAR