Hasto Klaim Kehadiran Budi Gunawan di Pembekalan Calon Menteri di Hambalang karena Sahabat Prabowo
Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (sisi depan pojok kiri) terlihat mengikuti pembekalan calon menteri di kediaman Presiden RI terpilih Prabowo Subianto di Hambalang. (IST)
21:56
18 Oktober 2024

Hasto Klaim Kehadiran Budi Gunawan di Pembekalan Calon Menteri di Hambalang karena Sahabat Prabowo

- Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan hadir dalam acara pembekalan calon menteri kabinet Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (16/10).

Kehadiran purnawirawan Polri itu mendapat respons dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Menurut dia, Budi Gunawan merupakan sahabat dari Megawati dan Prabowo. Dia tidak secara gamblang menyatakan kehadiran Budi Gunawan sebagai representasi PDIP dalam kabinet ke depan.

"Kalau kita lihat antara Budi Gunawan dengan Prabowo hubungan yang baik karena kerja sama antara BIN dan Pertahanan menjadi satu kesatuan konsepsi dan tidak dipungkiri bahwa pak BG pernah menjadi ajudan Ibu Mega. Beliau bukan anggota PDIP sehingga sikap selama ini tugas kepala BIN sebagai mata telinga presiden," kata Hasto di kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Jumat (18/10).

"Secara empiris terbukti misalnya pada Pemilu 2019 ketika beliau menjadi Kepala BIN, PDIP kan dipercaya rakyat menang pemilu dengan kenaikan hanya 1,3 persen," sambungnya.

Dari sisi keorganisasian partai, lanjut Hasto, Budi Gunawan tidak memiliki kartu tanda anggota (KTA) PDIP. Sementara, terkait sikap PDIP secara resmi akan diputuskan oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Pak Budi Gunawan bukan KTA PDIP. Sehingga beliau bukan anggota PDIP. Kemudian hal-hal yang sifatnya strategis akan diputuskan oleh Ibu Megawati," tegas Hasto.

Hasto menegaskan bahwa Megawati memiliki sejarah panjang dengan Prabowo. "Ibu juga memiliki sejarah yang panjang dengan Prabowo dalam suka maupun duka," ujarnya.

Terkait sikap PDIP apakah akan berada di dalam atau di luar pemerintah, merupakan kewenangan dari Megawati. Dia memastikan hubungan Megawati dengan Prabowo selama ini baik secara historis.

"Hubungan ibu Mega dan Prabowo yang baik secara historis juga sangat kuat tentu akan menjadi fundamen dalam membangun kerjasama. Tetapi keputusan politiknya nanti ibu Mega yang akan (memutuskan)," pungkasnya.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #hasto #klaim #kehadiran #budi #gunawan #pembekalan #calon #menteri #hambalang #karena #sahabat #prabowo

KOMENTAR