Rekam Jejak Jan Maringka, Jaksa Karir yang Didorong Sejumlah Kalangan Jadi Jaksa Agung
Dukungan warga masyarakat kepada Jan Maringka untuk menjadi jaksa agung. 
13:52
18 Oktober 2024

Rekam Jejak Jan Maringka, Jaksa Karir yang Didorong Sejumlah Kalangan Jadi Jaksa Agung

Dukungan kepada Dr Jan Samuel Maringka untuk menjadi jaksa agung terus mengalir.

Dukungan kepada Mantan Jaksa Agung Muda Intelejen (JAM Intel) Kejaksaan Agung RI 2017-2020 ini datang dari berbagai kalangan.

Usai didukung penuh Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) dan para Ketua Ormas Adat Minahasa di Sulawesi Utara, kali ini Jan Maringka  mendapat dukungan dari organisasi Kaum Muda Indonesia Timur dan KIPRA Kita Prabowo.

Koordinator Aliansi Kaum Muda Indonesia Timur (KMIT) Subhan Patimahu menyatakan sangat mendukung Jan Maringka sapaan akrabnya, sebagai Jaksa Agung RI di Pemerintahan Kabinet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Dukungan ini sebagai wujud dukungan moril mewakili masyarakat kawasan Indonesia Timur.

"Demi menunjang kebhinekaan di dalam tubuh kabinet baru pemerintahan Prabowo-Gibran sejak 20 Oktober 2024 nanti. kami merekomendasikan figur potensial wakil dari kawasan Indonesia Timur Jan Maringka asal Sulawesi Utara sebagai Jaksa Agung RI," kata Subhan Patimahu dalam rilisnya, Jumat (18/10/2024) di Jakarta.

Menurut Mantan Sekjen HMI asal Maluku ini, Jan Maringka  layak menjadi Jaksa Agung di pemerintahan Prabowo- Gibran.

Hal inilah yang menjadi alasan Aliansi Kaum Muda Indonesia Timur menyampaikan harapan dan merekomendasikan Jaksa Senior, Jan Maringka sebagai Jaksa Agung RI.


"Kapasitas, kapabilitas dan integritas yang bersih dari Pak Jan Maringka selama mengabdi di Kejaksaan sangat teruji. Sehingga dia (red-Jan Maringka) sangat pantas masuk dalam tim kerja Prabowo-Gibran,” dukungnya.

Selain itu kata Subhan sapaan akrabnya, semasa Jan Maringka bertugas di Maluku Sulsel dan Sulbar sampai pada jabatan puncak karir sebagai Jaksa Agung Muda.

Dia juga sempat dikaryakan sebagai Irjen di Kementan dan dipercaya bisa mengawal program strategis Prabowo Gibran. 

Dimana waktu itu, Jan Maringka saat menjabat juga sangat fokus pada  pencegahan dan penindakan yang berpotensi merugikan anggaran negara.

"Perjalanan karir Pak Jan Maringka sangat lurus dan berdedikasi positif. Ia (red-Jan Maringka) lebih mengutamakan kesadaran hukum bagi warga negara. Salah satu karir terbaiknya, pernah menjadi Ketua Tim P4 (Pengawal Pengaman Pemerintah dan Pembangunan)," di era Jokowi periode pertama terang Subhan.

Bahkan kata dia, terbentuknya P4 masih  dirasakan dampaknya hingga hari ini. Tentunya, Kaum Muda Indonesia Timur sebagai bagian masyarakat timur Indonesia, sangat berharap putera terbaik Indonesia timur bisa masuk dalam kabinet Prabowo-Gibran.

"Pak Jan Maringka dapat menjadi bagian dari tim kerja presiden dan wakil presiden terpilih, mengawal kebijakan strategis demi Indonesia maju menuju Indonesia emas yang berkeadilan," pungkas Subhan.

Sementara itu Ketua KIPRA Kita Prabowo Pdt. Ferdinan Wati juga menyatakan mendukung Dr. Jan Samuel Maringka, SH, MH, sebagai Jaksa Agung RI dalam Kabinet Pemerintahan Prabowo-Gibran.

Sebagai organisasi pendukung Prabowo Subianto berbasis komunitas Kristen, KIPRA Kita Prabowo memohon kepada Presiden Terpilih bisa mengangkat Jan Maringka sebagai Jaksa Agung.

"Kami KIPRA Kita Prabowo sebagai salah satu pendukung Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024 kemarin menyatakan mendukung Jan Maringka sebagai Jaksa Agung RI. Jan Maringka adalah representasi kebhinekaan Indonesia dari kawasan Indonesia Timur," ujar Ferdinan kepada media, Jumat (18/10/2024) di Jakarta.

Pria yang berprofesi Pendeta ini juga mengatakan, seluruh jemaat komunitas Kristen yang ada di KIPRA Kita Prabowo mendoakan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih berjalan lancar.

 Ia juga mendoakan Jan Maringka bisa diangkat dan dipilih sebagai Jaksa Agung RI yang memiliki rekam jejak 35 tahun sebagai jaksa karir yang mencapai karir puncak sebagai jaksa agung muda satu satunya yg berdarah Minahasa.

"Semoga Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo-Gibran berjalan lancar. Semoga juga akan dipilih menteri-menteri yang layak dan mempunyai kemampuan memimpin.

Semoga juga Pak Jan Maringka bisa dipercaya oleh Prabowo Subianto menjadi Jaksa Agung RI yang baru," kata Ferdinan.

Diketahui, Mantan Jaksa Agung RI Hendarman Supanji sudah 1 tahun pensiun, Basrief 4 tahun, H.M. Prastyo 7 tahun. Sedangkan Jaksa Agung RI yang sekarang Burhanudin sudah 5 tahun, dulu pensiun 2014 diangkat tahun 2019.

Kata dia, Jaksa Agung prakteknya sudah purna bakti, karena dia harus putus dengan keterkaitan dengan pemerintahan sebelumnya agar bekerja tanpa beban sama masa sekarang. Artinya seorang Jaksa Agung bekerja tanpa beban personal

"Masyarakat berharap ada pergantian supaya bekerja tanpa beban dalam penegakan hukum. Sementara Pak Jan Maringka sudah purna bhakti, sehingga dari sisi periode jabatan sangat tepat," pungkas Ferdinan.

Berikut Jejak Karir dan Riwayat penugasan Jan Marinka sebagaimana berikut: 

1. Jaksa Pertama pada Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat (1991)
2. Kepala Kejaksaan Negeri Tarakan (2003)
3. Atase Kejaksaan Pada KJRI Hongkong (2005)
4. Kepala Bagian Kerja Sama Hukum Luar Negeri Serang (2010)
5. Asisten Umum Jaksa Agung RI (2012) 
6. Kepala Biro Hukum dan Hubungan Luar Negeri Kejaksaan Agung RI ( 2014)
7. Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku (2015)
8. Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat ( 2017)
9. Jaksa Agung Muda Intelijen (2017-2020)
10. Inspektur Jenderal Kementan RI (2021-2023)

Editor: Muhammad Zulfikar

Tag:  #rekam #jejak #maringka #jaksa #karir #yang #didorong #sejumlah #kalangan #jadi #jaksa #agung

KOMENTAR