Menkes Budi Minta Ibu Hamil Konsumsi MMS 180 Butir Tanpa Bolong Selama 6 Bulan di Masa Hamil, Ini Manfaatnya
Menkes Budi Gunadi Sadikin di puncak peringatan Pekan Imunisasi Dunia 2023. (Istimewa)
13:16
18 Oktober 2024

Menkes Budi Minta Ibu Hamil Konsumsi MMS 180 Butir Tanpa Bolong Selama 6 Bulan di Masa Hamil, Ini Manfaatnya

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin berpesan agar ibu hamil mengonsumsi Multiple Mikronutrien Suplementasi (MMS) selama enam bulan masa kehamilan tanpa bolong. Hal itu untuk mengurangi risiko berat badan lahir rendah (BBLR) dan stunting.

"Kalau ingin anaknya sehat atau pintar, minum MMS 180 butir selama 180 hari atau enam bulan terus menerus selama hamil," ujarnya kepada wartawan, Jumat (18/10).   "Insya Allah anaknya sehat dan pintar,” sambung Budi.  

  Ia menerangkan, berdasarkan penelitian, MMS memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil sehingga dapat mengurangi berbagi risiko yang menyertai kehamilan.   "Hasil penelitian bilang kalau pakai MMS ini, gizinya ibu hamil akan jauh lebih baik. Kemudian, bayinya lahirnya juga lebih sehat, mengurangi bayi lahir yang pendek, dan juga mengurangi bayi lahir yang stunting, dan juga mengurangi kematian bayi," pungkasnya.    Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membagikan Multiple Micronutrient Suplement (MMS) untuk Ibu hamil di 15 provinsi dan 209 kabupaten di Indonesia. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menurunkan angka kematian ibu, kematian bayi dan stunting di Indonesia.   

  MMS sendiri menggantikan tablet tambah darah (TTD) untuk ibu hamil dengan lebih banyak zat gizi mikro (15 macam) daripada TTD yang hanya mengandung 2 zat gizi mikro (zat besi dan asam folat).    Menteri Kesehatan Ri Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, pemenuhan gizi menjadi hal yang penting bagi ibu hamil. Sebab jumlah kematian bayi di Indonesia saat ini 16.85 dari 1000 kelahiran hidup, targetnya angka kematian dapat diturunkan menjadi 5/1000 kelahiran hidup.    Apalagi, Indonesia menjadi negara pertama yang menjadikan MMS ini sebagai Program Nasional yang mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #menkes #budi #minta #hamil #konsumsi #butir #tanpa #bolong #selama #bulan #masa #hamil #manfaatnya

KOMENTAR