Terjebak Semalaman di Dermaga SBP Sukabumi, Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi Puluhan Korban
Tim SAR Gabungan evakuasi puluhan warga yang terjebak di dermaga milik bekas perusahaan tambang pasir pada Kamis (17/10). (basarnas)
22:32
17 Oktober 2024

Terjebak Semalaman di Dermaga SBP Sukabumi, Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi Puluhan Korban

–Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi 71 warga yang terjebak di dermaga milik bekas perusahaan tambang pasir PT Sumber Baja Prima (SBP) pada Kamis (17/10). Puluhan warga yang kebanyakan nelayan dan pemancing itu terjebak sejak Rabu (16/10).

Mereka tidak bisa kembali ke daratan setelah jembatan Dermaga SBP putus karena dihantam gelombang tinggi. Melalui keterangan resmi yang diterima JawaPos.com pada Kamis (17/10) malam, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau Basarnas menyampaikan bahwa secara keseluruhan ada 71 korban yang berhasil dievakuasi. Sementara dua orang korban hilang dan satu korban lainnya meninggal dunia.

Untuk mengevakuasi puluhan korban tersebut, Tim SAR Gabungan mengirim tiga helikopter.

”Kami bersyukur hingga sore tadi seluruh korban yang berjumlah 71 orang di dermaga berhasil kami evakuasi dalam keadaan selamat. Tim SAR Gabungan masih melanjutkan operasi SAR untuk mencari dua korban yang dilaporkan hilang,” ungkap Desiana Putri Bahari, kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jakarta yang bertindak sebagai SAR Mission Coordinator (SMC).

Sebelumnya, Basarnas menyampaikan bahwa para korban terjebak di Dermaga SBP usai jembatan yang menghubungkan dermaga tersebut dengan daratan di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dihantam gelombang tinggi. Jembatan tersebut langsung putus.

Nahas, saat gelombang menerjang, empat orang warga tengah melintas di jembatan sepanjang 1 kilometer itu. Akibatnya keempat korban tersapu dan terempas jatuh ke laut. Keempat korban tersebut masing-masing adalah Dede Amung, 60; Rahmat alias Ehek, 51; Dede Yusuf, 28; Rohmat alias Imat, 36.

Oleh Tim SAR Gabungan, Dede Amung ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Dia ditemukan sekitar pukul 10.17 WIB dalam radius sekitar 14 kilometer dari Dermaga SBP. Persisnya di wilayah Kampung Gelarwangi.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #terjebak #semalaman #dermaga #sukabumi #gabungan #berhasil #evakuasi #puluhan #korban

KOMENTAR